Lupa Pola & Pasword HP Android? Begini Cara Mengatasinya

Lupa Pola & Pasword HP Android? Begini Cara Mengatasinya

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. bertemu lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan informasi menarik seputar dunia teknologi, kabar hari ini mimin akan coba mengulas sebuah masalah yang sering terjadi pada pengguna smartphone android yaitu lupa sandi atau pola layar utama.

Apakah sobat pernah mengalami lupa pola saat ingin masuk ke menu smartphone? Tentunya jika kamu merasakan hal tersebut sangat menjengkelkan bukan, tapi sekarang kamu tidak usah khawatir karena ada banyak cara kok untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan cara mimin dibawah ini, yuk simak.

jika smartphone Android kamu tidak bisa start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal terase dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya akibat terdapat aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang enggak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).

Jika smartphone Android bisa dinyalakan, akan tetapi tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android enggak ingin disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet. Jika kamu lupa PIN, Password atau kamu terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan kamu enggak bisa masuk ke menu.

Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Untuk melakukan factory reset melalui recovery mode secara garis besar bisa kamu lakukan dengan dua langkah mudah berikut. Akan tetapi sebelumnya, do with your own risk atau resiko ditanggung sendiri ok wink

Tahap 1: Masuk ke recovery mode

Untuk bisa masuk ke recovery mode Android, kamu kudu mematikan dulu handphone / tabletnya, tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya untuk Galaxy Young S5360 tekan tombol vol Up + home + power secara bersamaan) dan kamu akan masuk ke dalam recovery mode.

Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan) dapat berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya. Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode, pada umumnya kamu enggak bisa memanfaatkan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, umumnya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).

Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset

  • Setelah selesai masuk ke recovery mode, yang kamu harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.
  • Supaya kamu tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android :
  • Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
  • Matikan handphone
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME(tengah) + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > kamu akan masuk ke recovery mode Android
  • Dengan memakai tombol Volume, arahkan kursor sampai berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung

Reboot handphone

So, jika kamu mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu kamu lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang jadi masalah adalah banyak orang yang enggak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.yang lebih bersih serta update.