Cara Mudah Membuat Link WhatsApp | Olshop Wajib Coba

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang paling populer saat ini bahkan pihak perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini klaim memiliki lebih dari satu miliyar pengguna aktif.

Oleh karenanya banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan whatsapp sebagai aplikasi utama untuk bertukar pesan. Bahkan banyak sekali pengguna yang memanfaatkan whatsapp untuk berjualan di media sosial dengan cara mencantumkan link whatsapp mereka agar bisa langsung dikontak oleh calon customer.

Bagaimana cara untuk menyalin link whatsapp?

Bagaimana Cara Membuat Link WhatsApp supaya Bisa Menggunakan Fitur Click to Chat?

Untuk bikin link Click to Chat WhatsApp pun, sangat mudah untuk kamu lakukan. Kamu cuma perlu memakai format https://wa.me/ diikuti dengan nomor telepon WhatsApp yang akan kamu tuju.

Akan tetapi sebagai catatan, nomor telepon itu kudu dituliskan sesuai dengan format internasional. Khusus nomor telepon di Indonesia, kamu cuma perlu mengganti angka 0 paling depan dengan +62.

Bukan cuma itu, penting puls diperhatikan, jika kamu perlu untuk menghilangkan tanda hubung (tanda plus atau minus) dan tanda kurung bila pada sebelumnya nomor yang dicatat menggunakan tanda-tanda tersebut.

Misalnya, kamu mau membuat link untuk nomornya sendiri dengan nomor 081234567890. Maka penggguna cuma perlu ubah format sebelumnya jadi URL https://wa.me/6281234567890.

Apa Fungsi Link WhatsApp?

Selain sangat memiliki fungsi saat kamu mau mengirim pesan WhatsApp tetapi tidak ingin menyimpan nomor orang tersebut, Click to Chat dapat dimanfaatkan untuk mempermudah orang lain saat mau menghubungi kamu.

Bingung bagaimana maksudnya? Jadi contoh nyatanya, Click to Chat ini dapat kamu gunakan oleh kamu sebagai kontak. Alih-alih pembeli harus melewati beberapa proses saat akan membeli barang lewat WhatsApp, mereka hanya perlu mengetuk link yang dibuat penjual.

Saat link dibuka oleh pembeli, percakapan WhatsApp mereka secara otomatis akan diarahkan ke penjual, sehingga mereka tidak perlu repot-repot menyimpan nomor dan mencari nomor untuk mengirim pesan.

Menariknya, pengguna WhatsApp pun bisa menambahkan format pesan sesuai yang diinginkan. Misalnya seperti pada kasus jual beli sebelumnya, penjual pun bisa menambahkan format pemesanan barang.

Untuk membuat link dengan format pesan khusus di WhatsApp seperti yang dimaksud sebelumnya, pengguna hanya perlu menambahkan teks dengan kode URL yang sesuai. Atau secara sederhana formatnya akan berubah menjadi https://wa.me/nomor?TeksPesanURL.

Dalam membuat TeskPesanURL, pengguna bisa menggunakan %3A menambahkan untuk tanda titik dua, %0A untuk enter, dan %20 untuk spasi. Sebagai contohnya, penjual bisa menggunakan URL https://wa.me/6281234567890?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda untuk mengirim “Saya tertarik untuk membeli mobil Anda” ke 081234567890.

Setelah berhasil membuat link atau URL tersebut, pengguna bisa memakainya sebagai kontak di akun-akun media sosial, akun layanan jual beli online, atau pada iklan digital yang disebarkannya.

Tinggalkan komentar