Cara Mudah Menonaktifkan Talkback Atau Voice Assistant Samsung

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan coba mengulas fitur terbaru dari Vendor smartphone terkenal asal Korea Selatan yaitu Samsung.

Jika kamu tahu google sudah mempunyai fitur Google Talkback. Samsung pula tidak mau ketinggalan dan mempunyai fitur yang hampir serupa dan diberi nama Samsung Talkback pada sistem Operasi lawas mereka atau Voice Assistant pada smartphone versi terbaru.

Meski mempunyai sebuah nama yang sedikit berbeda, secara umum fitur talkback di perangkat Samsung tersebut mempunyai sebuah fungsi yang cukup sama dengan Google Talkback, atau yang sekarang ini sudah jadi Android Accessibility Suite.

Yang mana dalam hal tersebut, fitur tersebut pula dapat dipaksi untuk membatu kamu pengguna samsung yang memiliki keterbatasan penglihatan dalam mengakses berbagai macam fitur-fitur dalam smartphone. Saat fitur ini aktif, semua fitur yang terdapat pada smartphone akan diubah ke dalam feedback berbentuk suara dan getaran, sehingga mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan bisa mengetahui posisi, jenis, sampai mengaktifkan fitur di dalam smartphone.

Dengan mengaktifkan fitur ini, semua yang disentuh, dipilih, dan diaktifkan oleh kamu akan diinformasikan secara detail ke dalam kata-kata. Sementara untuk melanjutkan perintah, pengguna perlu mengetuk tombol sebanyak dua kali.

Dan sebagai akibatnya, kamu yang jadi pengguna umum akan memperoleh sebuah pengalaman yang berbeda saat menggunakannya. Tak begitu sulit untuk digunakan, namun bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit mengganggu.

Oleh sebab itu, kamu dapat nonaktifkan fitur ini ketika tanpa sengaja mengaktifkannya. Khusus untuk perangkat Samsung, fitur “Samsung Talkback” atau “Voice Assistant” bisa dinonaktifkan dengan menggunakan cara berikut ini!

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di Semua Perangkat Samsung

Sama seperti saat mengaktifkannya, bila kamu mengaktifkannya dengan sengaja, kamu dapat menonaktifkan fitur Talkback atau Voice Assistan Samsung melalui pengaturan (Settings).

Melalui Settings, lalu masuk ke bagian Accessibility, lalu pilih menu Vision. Dari menu tersebut, kemudian pilih Voice Assistant atau Talkback, lalu ketuk tombol slider yang ada di dalamnya ke posisi mati (off).

Yang perlu diperhatikan, lokasi dan penamaan menu-menu tersebut di atas bisa sedikit berbeda pada beberapa perangkat Samsung. Hal ini karena perbedaan versi sistem operasi yang digunakan atau pengguna telah mengganti tampilan atau tema pada perangkat yang digunakan.

Selain itu, untuk memilih tombol atau menu-menu tersebut di atas, kita perlu mengetuknya sebanyak dua kali, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Dan untuk melalukan scroll, kita juga perlu menggunakan dua jari.