Vivo Y12 Vs OPPO A5s | Pilih yang Mana?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua smartphone terbaru vivo dan oppo yaitu Vivo Y12 dan OPPO A5s yang menjadi primadona di kalangan anak milenial.

Dua tipe smartphone ini dapat menjadi daftar list kamu ketika ingin membeli smartphone dengan harga yang bersahabat. Karena dua merek smartphone yang hampir mirip ini merupakan ponsel pintar yang diperuntukkan untuk kamu pengguna kelas menengah dengan spesifikasi yang wah.

Smartphone vivo Y12 dalam hal ini mempunyai chipset MediaTek Helio P22 yang berkecepatan sampai 2,0 GHz, sementara hp OPPO A5s menggunakan SoC MediaTek Helio P35 yang berkecepatan sampai 2,3 GHz.

Bila kita melihat data-data yang telah dikatakan oleh Android Authority, dapat kita simpulkan jika chipset Helio P22 secara teknis mempunyai sebuah kemampuan yang kalah bertenaga bila dibandingkan Helio P35 meski sebetulnya kedua SoC ini telah memakai CPU dan GPU yang sama.

Kabar baiknya, vivo Y12 memberikan sebuah kapasitas maksimal memori penyimpanan internal yang lebih besar sebagai gantinya. Dengan varian RAM maksimal yang sama-sama 3 GB, vivo Y15 mempunyai sebuah varian dengan penyimpanan 64 GB saat OPPO A5s hanya menghadirkan varian 32 GB.

Konfigurasi mesin vivo Y12 diperkuat lagi dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Baterai vivo Y12 secara tipikal berkapasitas 5.000mAh yang tentu saja akan lebih awet ketimbang baterai OPPO A5s yang cuma berkapasitas 4.230mAh.

Di sisi luarnya, vivo Y12 dan OPPO A5s pula mempunyai ukuran layar yang cukup berbeda. Saat vivo Y12 membawa layar IPS 6,35 inci HD+ (1544 x 720 piksel), OPPO A5s memberikan layar IPS 6,2 inci HD+ (1520 x 720 piksel) yang udah dilengkapi Gorilla Glass 3.

Layar dari vivo Y12 dan OPPO A5s ini sama-sama mempunyai sebuah notch kecil di bagian atas sebagai tempat kamera depan yang notabene pula sama-sama menggunakan lensa beresolusi 8 MP.

Kita masuk ke sisi belakang, keduanya seperti telah sepakat memakai teknologi sensor pemindai sidik jari pada bagian tengah-tengah bodi dan menempatkan kamera utamanya di sisi pojok kiri atas, meski bentuk, tata letak, dan konfigurasi yang ditawarkan berbeda.

Pemindai sidik jari yang dipakai oleh vivo Y12 dalam rancangannya berbentuk persegi dengan sudut melengkung sedangkan pemindai sidik jari yang dipakai OPPO A5s berbentuk elips.

Sementara itu pada sektor kamera, vivo Y12 mempunyai sebuah kamera trio membujur ke bawah dengan konfigurasi 13 MP + ultra-wide 8 MP + depth 2 MP. Berbeda dengan OPPO A5s yang mempunyai kamera ganda membujur ke samping dengan konfigurasi 13 MP + depth 2 MP.

Nah yang enggak kalah penting, vivo Y12 udah secara mendasar menawarkan Bluetooth 5 dan Funtouch OS 9 (Android 9) yang lebih baru daripada Bluetooth 4.2 dan ColorOS 5.2 (Android 8.1) punya OPPO A5s.

Tinggalkan komentar