Catat! Inilah Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media paling populer saat ini. bahkan kabarnya aplikasi asal Amerika Serikat ini telah mengalahkan Facebook dengan memiliki lebih dari 1 miliyar pengguna di seluruh penjuru dunia. Oleh sebab itu dalam artikel kali ini mimin akan coba mengulas salah satu fitur terbaru yang dimiliki instagram yaitu dark mode.

Dark mode merupakan salah satu fitur terbaru dari instagram yang memungkinkan kamu menggunakan aplikasi ini dengan keadaan gelap. meskipun sudah hadir di tahun 2019 akan tetapi ternyata masih banyak yang belum tahu cara menggunakan fitur dark mode ini. oleh karenanya yuk sama sama kita ulas caranya berikut ini.

Mode Gelap Instagram di iOS

  • Kamu tinggal masuk saja ke menu atau aplikasi Settings
  • Di halaman Settings, buka menu Display & Brightness
  • Berikutnya, kamu dapat mengaktifkan menu Dark pada halaman Display & Brightness untuk aktifkan Mode Gelap
  • Apabila Mode Gelap telah aktif, maka tampilan latar halaman Settings akan berubah jadi hitam alias gelap
  • Bersamaan dengan itu, latar halaman dari aplikasi Instagram pula akan ikut menjadi hitam yang menandakan

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, kamu harus memastikan jika iOS 13 sudah hadir pada iPhone punya kamu sebab sistem operasi ini sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide yang bisa diimplementasikan kepada berbagai aplikasi bawaan iOS ataupun pihak ketiga.

Sebagai catatan, pastikan jika Instagram yang kamu punya pula sudah versi terbaru. Jika ada tulisan Update di Apple App Store, maka aplikasi Instagram kamu harus diperbarui terlebih dahulu. Akan tetapi bila tulisannya Open, maka kamu udah memakai aplikasi terbaru.

Kamu pula bisa kembali ke menu Display & Brightness di aplikasi Settings untuk mematikan Mode Gelap jika tampilannya dirasa kurang menyenangkan,

Mode Gelap Instagram di Android

  • Akses menu atau aplikasi Settings pada smartphone punya kamu
  • Gulir ke bawah hinga temukan menu Display & Brightness atau Display (tergantung dari merek dan seri smartphone yang dipakai)
  • Jkka Dark Mode telah aktif, maka tampilan halaman Settings akan berubah jadi hitam
  • Dengan begitu aplikasi Instagram pula akan memiliki sebuah latar belakang berwarna hitam Dark Mode

Hampir mirip dengan iOS, kamu pula kudu perbaharui sistem operasi pada smartphone punya kamu sampai Android 10. Pada Android versi ini, terdapat fitur Mode Gelap yang bisa ubah tampilan sistem, aplikasi bawaan, maupun beberapa aplikasi pihak ketiga menjadi berlatar belakang hitam.

Sebagai tambahan, pastikan pula Instagram yang terinstal pada smartphone Android punya kamu sudah merupakan versi terbaru. Bukan cuma itu, kamu pula bisa mematikan menu Dark Mode dengan langkah yang hampir sama dengan tutorial di atas.

Dapat dibilang cara yang digunakan untuk menghadirkan Mode Gelap di Instagram ini sangat mudah. Akan tetapi syaratnya, smartphone yang kamu punya udah harus menggunakan sistem operasi Android 10 atau iOS 13. Selain itu, Instagram yang terinstal di perangkat sudah harus versi terbaru.

Tinggalkan komentar