Perbandingan Xiaomi 11T Vs realme GT Neo2

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua smartphone terbaru xiaomi dan realme yaitu Xiaomi 11T dan realme GT Neo2 yang menjadi primadona di kalangan anak milenial.

Dua tipe smartphone ini dapat menjadi daftar list kamu ketika ingin membeli smartphone dengan harga yang bersahabat. Karena dua merek smartphone yang hampir mirip ini merupakan ponsel pintar yang diperuntukkan untuk kamu pengguna kelas menengah dengan spesifikasi yang wah.

Perbandingan Xiaomi 11T vs realme GT Neo2

Chipset

Xiaomi 11T diotaki chipset MediaTek Dimensity 1200 (6nm) Octa-Core dengan kombinasi Mono-Core 3 GHz Cortex-A78, Tri-Core 2,6 GHz Cortex-A78, dan Quad-Core 2 GHz Cortex-A55. Sementara realme GT Neo2 datang dengan chipset Qualcomm Snapdragon 870 (7nm) Octa-Core dengan komposisi Mono-Core 3,2 GHz Kryo 585 Gold, Tri-Core 2,42 GHz Kryo 585 Gold, dan Quad-Core 1,8 GHz Kryo 585 Silver.

Secara arsitektur, Dimensity 1200 memakai teknologi fabrikasi 6nm yang lebih efisien dibandingkan dengan Snapdragon 870 yang masih memakai 7nm.

Selain itu, Dimensity 1200 pula memakai Cortex-A78 untuk core yang pada performa tertingginya lebih bertenaga dibandingkan Qualcomm Snapdragon 870 dengan Kryo 585 Gold berbasiskan Cortex-A77. Sementara pada core hemat baterai, Qualcomm Snapdragon 870 dilengkapi dengan Kryo 585 Silver berbasiskan Cortex-A55 yang setara dengan Dimensity 1200 dengan Cortex-A55.

Pilihan Varian

Kedua Smartphone ini cuma hadir dengan satu varian di Indonesia di mana Xiaomi 11T dibanderol Rp 5.999.000 untuk RAM 8 GB + penyimpanan 256 GB sedangkan realme GT Neo2 dijual Rp 6.499.000 untuk RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB.

Terlihat jika realme GT Neo2 memiliki kapasitas RAM yang lebih besar dibandingkan Xiaomi 11T. Bahkan Smartphone besutan realme ini telah dibekali dengan fitur Dynamic RAM Expansion (DRE) yang bisa meminjam kapasitas penyimpanan internal menjadi RAM Virtual sampai 7 GB.

Dengan kata lain, realme GT Neo2 bisa memiliki RAM total hingga 19 GB. Sementara Xiaomi 11T didukung fitur Extended RAM cuma sampai 3 GB sehingga membuatnya mempunyai RAM total mencapai 11 GB.

Baterai

Kedua produk ini sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Meski Xiaomi 11 dibekali 67W Mi Turbo Charge dan realme GT Neo2 dilengkapi 65W SuperDart Charge, akan tetapi keduanya diklaim bisa mengisi daya baterai handphone hanya dalam waktu 36 menit saja.

Sementara daya tahan dari masing-masing Smartphone pastinya akan terpengaruh dari kebiasaan pengguna mulai dari penggunaan aktivitas sehari-hari sampai dukungan jaringan operator yang dipakai.

Kamera

Kedua handphone ini mempunyai sebuah dukungan tiga kamera belakang. Secara teori, Xiaomi 11T dibekali kamera utama 108 MP yang memiliki resolusi besar dibandingkan realme GT Neo2 dengan kamera utama 64 MP.

Meski sebagian orang ada yang berpikir jika resolusi lebih besar tidak terlalu pengaruh, akan tetapi tentu saja resolusi yang lebih besar secara mendasar akan memiliki detail yang lebih jelas dibandingkan dengan resolusi lebih kecil.

Sementara itu, Xiaomi 11T hadir dengan makro 5 MP yang resolusinya lebih besar dibandingkan realme GT Neo2 yang hanya 2 MP. Enggak ketinggalan ada kamera ultrawide dari kedua handphone ini yang sama-sama mempunyai resolusi 8 MP.

Ada pula kamera depan dari kedua perangkat ini memiliki resolusi 16 MP yang bisa dimanfaatkan untuk foto selfie, wefie, video call, Face Unlock, dan merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30fps.

Desain dan Dimensi

Xiaomi 11T memiliki ketebalan 8,8mm yang lebih tipis dibandingkan dengan realme GT Neo2 yang capai 9mm. Namun justru Xiaomi 11T mempunyai bobot 203 gram, lebih berat dibandingkan realme GT Neo2 dengan bobot 199,8 gram.

Untuk bodinya, realme GT Neo2 memakai warna gradasi dengan pilihan Neo Green dan Neo Blue yang lebih berwarna-warni dibandingkan Xiaomi 11T yang memakai satu warna solid mengkilap dengan pilihan Moonlight White, Meteorite Gray, dan Celestial Blue.

Pada bodi belakang kedua handphone ini pula terdapat kotak berisikan multi kamera belakang dan LED Flash yang disusun secara vertikal.

Kelengkapan Lainnya

realme GT Neo2 sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang berada di dalam layar. Sementara Xiaomi 11T dibekali dengan sensor fingerprint yang hadir di bagian samping, tepatnya pada tombol power. Bisa dibilang lokasi sensor dari kedua perangkat ini sama-sama dapat diakses dengan mudah oleh pengguna.

Kedua produk ini pun sudah dibekali dengan sensor NFC (Near Field Communication) yang saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia mulai dari transaksi digital hingga pembayaran atau pengecekan e-money.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, realme GT Neo2 unggul dalam kapasitas RAM, fitur DRE, performa, dan sensor fingerprint. Sementara Xiaomi 11T unggul pada kamera utama yang lebih besar. Jadi tinggal kamu memilih handphone yang sesuai dengan kriteria dan selera kamu.

Tinggalkan komentar