Awas! Jangan Kirim Foto Lewat HP Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi

Saling bertukar foto atau mengirim sebuah gambar dari HP ke HP lain merupakan hal yang lajim dilakukan para pengguna smartphone, Akan tetapi tak banyak yang tahu jika aktivitas tersebut sangat rentan dan bahaya karena berpotensi akan adanya penyebaran data pribadi menggunakan foto pribadi yang kamu kirim ke teman atau pasangan kamu.

Setiap kali kamu mengambil foto atau merekam video dengan iPhone contohnya, terdapat informasi tentang file termasuk tanggal pengambilan foto serta lokasi pengguna. Selanjutnya, keduanya disimpan sebagai metadata di dalam media ponsel. Meski metadata mempunyai sebuah tujuan yang cukup berguna dan penting, metadata nyatanya bisa dengan cepat menjadi masalah privasi, terutama apabila menyangkut lokasi kamu.

Bila seseorang mempunyai akses ke foto yang kamu simpan di gawai, maka bisa dengan mudah untuk menjelajahi metadata, untuk mengidentifikasi lokasi dan menemukan tempat tinggal kamu hingga lokasi kamu bekerja. Tapi untungnya, iOS 15 memiliki Apple disebut telah mempermudah untuk menghapus lokasi pengguna dari foto dan video yang diambil memakai iPhone.

Dengan demikian, pihak yang biasa mengintai tak bisa melihat lokasi pengguna. Hal itu bisa mencegah iklan melacak kamu di web untuk dijadikan slot iklan oleh para pemasok iklan.

Metadata Foto

Namun sebenarnya, apa yang dimaksud metadata foto?

Hampir setiap foto yang kamu ambil di iPhone ataupun smartphone Android mempunyai sekumpulan informasi tersembunyi yang tersimpan di dalamnya. Metadata lebih dikenal secara khusus sebagai data berisi informasi deskriptif dari gambar.

Informasi ini memungkinkan aplikasi dengan cepat mengidentifikasi foto dan mengaturnya. Di iPhone, kamu bisa diberi kemudahan seperti mengatur foto berdasarkan tanggal pengambilan, lokasi pengambilan atau mengapa iOS dapat membuat video kenangan pribadi, menurut laporan Fuentitech.

So, sebetulnya metadata dianggap berguna untuk para pengguna kecuali berada di tangan yang salah. Akan tetapi khusus untuk pengguna iPhone kamu bisa menghapus metadata yang berisi informasi lokasi dari file foto dan video. Dikutip CNet, berikut cara mengakses informasi metadata foto dan bisa menghapus lokasi foto:

  • Buka aplikasi galeri foto dan pilih ke file foto yang ingin disesuaikan metadatanya.
  • Geser ke atas pada file foto, dan ketuk tombol info (i) untuk melihat informasi foto
  • Klik ‘Sesuaikan’ di sisi kanan informasi peta lokasi pengambilan gambar
  • Klik pilihan ‘Tidak ada lokasi’, secara otomatis informasi lokasi akan hilang dari metadata foto.
  • Itulah bahaya yang mengintai di balik kebiasaan sering kirim foto lewat ponsel, dan cara untuk menghapus lokasi di metadata foto.