4 Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot | Lakukan Ini Bro

4 Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot | Lakukan Ini Bro

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan coba mengulas cara mudah mengatasi laptop lemot dengan beberapa cara yang sudah mimin rangkum berikut ini.

1. Unistall Aplikasi yang Tidak Perlu

Seperti dilansir dari NeoTekno, semakin banyak aplikasi yang terinstall atau terbuka di laptop akan kurangi kapasitas dari penyimpanan. Penyimpanan sifatnya sementara saat aplikasi terbuka dengan memakai RAM, atau yang disimpan secara utuh atau HDD.

Untuk itu kamu dapat lakukan cek terlebih dahulu total penggunaan kapasitas dari RAM atau HDD. Apakah udah penuh atau masih banyak. Bila ternyata kamu mempunyai ruang penyimpanan sudah mulai penuh maka baiknya untuk menghapus atau uninstall program aplikasi yang sudah tidak perlu.

2. Pastikan Tidak Ada Virus di Laptop

Kita sama-sama sepakat jika musuh bebuyutan laptop adalah virus. Seperti namanya virus bisa merusak fungsi bahkan sistem dari laptop. Pada umumnya virus yang terdapat di laptop berasal dari unduhan browser atau flashdisk yang ada file berupa virus didalamnya.

Virus ini pula bisa dengan mudah merusak sistem laptop sampai pada akhirnya mengganggu fungsi laptop secara keseluruhan. Terganggunya sistem pada laptop dapat sebabkan berbagai masalah diantaranya menurunnya kinerja (lemot). Untuk itu kamu dapat lakukan scanning di laptop kamu memakai antivirus untuk pastikan bahwa laptop kamu sudah terbebas dari virus. Beberapa antivirus yang dapat kamu coba seperti Windows Defender, SMADAV, MCaffe dan lain sebagainya.

3. Tambah Kapasitas RAM

RAM (Random Acces Memory) adalah memori penyimpanan sementara laptop. RAM memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai aktifitas yang sedang terjadi di laptop seperti membuka aplikasi dan sebagainya. Semakin besar kapasitas RAM suatu laptop maka kinerja laptop juga akan semakin cepat.

Kamu bisa mengetahui terlebih dahulu berapa jumlah RAM yang ada di laptop kamu. Bila ternyata Anda perhatikan dengan total RAM sekarang kinerja laptop masih lambat, kamu dapat menambah RAM. Setiap laptop memiliki jumlah slot RAM yang berbeda-beda. Sehingga ada laptop yang bisa ditambah RAMnya ada juga yang tidak bisa ditambah. Pastikan juga Anda mengetahui jenis RAM Anda seperti DDR 3 atau DDR4, agar tidak ada kesalahan ketika hendak menambahkan RAM baru.

4. Ubah HDD menjadi SSD

Memori penyimpanan laptop secara umum telah jadi 2 jenis yaitu HDD dan SSD. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun secara fisik dan kinerja berbeda. SSD jauh lebih cepat dan memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan HDD. Namun bicara soal harga, SSD punya harga yang jauh lebih mahal dari HDD.

Jika kamu merasa kinerja laptop mulai menurun, kamu dapat ganti HDD di laptop kamu jadi SSD. Ini jadi sebuah pilihan yang sangat tepat karena akan SSD akan meningkatkan performa laptop secara signifikan sehingga sangat efektif untuk mengatasi laptop lemot.