Cara Memotong Video di Laptop dengan Gampang
Sumber gambar: it journal

Cara Memotong Video di Laptop dengan Gampang

Untuk kebutuhan tertentu, memotong video terkadang perlu dan penting untuk dilakukan. Biasanya dibutuhkan oleh content creator, supaya lebih menarik viewers. Untung saja, memotong video bisa bukanlah hal sulit terlebih lagi dilakukan di laptop. Jadi, bagi pemula yang masih merasa bingung silahkan simak cara memotong video di laptop berikut ini.

Secara umum, terdapat tiga cara untuk memotong video di laptop. Cara-cara tersebut meliputi penggunaan layanan online, media player bawaan, dan software edit video. Pengguna bisa memilih salah satu cara yang menurutnya paling mudah.

Baik menggunakan atau tanpa software, sebenarnya bisa disesuaikan menurut kebutuhan. Tentu saja, aplikasi edit video memungkinkan Anda melakukan lebih banyak editing video. Sementara itu, website online menawarkan kemudahan dan kepraktisan dengan fitur terbatas.

Tanpa panjang lebar, ini dia cara memotong video di laptop.

Berbagai Macam Cara Memotong Video di Laptop dengan Gampang

 

  1. Menggunakan Layanan Edit Video Online di Browser Laptop

Menggunakan Layanan Edit Video Online di Browser Laptop
Sumber gambar: hitekno

Untuk memotong video di laptop bisa dilakukan secara online. Saat ini terdapat beberapa situs yang berfungsi untuk kebutuhan editing video. Penggunaan situs semacam ini sangat mudah. Hanya saja akan lebih baik jika menyediakan jaringan internet yang cepat dan stabil agar proses upload, download, dan pemotongan video berjalan dengan lancar.

 

Cara untuk memakai situs ini juga sangat mudah karena tiap situs hampir sama.

– Buka software browser di laptop dan masukkan situs web editing video sesuai pilihan.

– Upload video yang akan dipotong, jadi persiapkan terlebih dahulu di laptop.

– Setelah itu, atur durasi potongan videonya dan tunggu prosesnya selesai.

– Terakhir, pilih opsi ‘download’ untuk mengunduh video yang sudah dipotong ke laptop.

 

Selain jaringan internet stabil, penggunaan situs web semacam ini juga membutuhkan spek laptop yang mumpuni. Pastikan juga driver grafis di laptop sudah diperbarui agar proses pemotongan video berjalan dengan lancar.

 

  1. Menggunakan Media Player Bawaan Laptop

Media Player Bawaan Laptop
Sumber gambar: reza nauma

Penggunaan media player bawaan juga menjadi salah satu cara memotong video di laptop. Laptop sendiri sudah memiliki media player bawaan yang berfungsi untuk editing video termasuk proses memotongnya. Keunggulan dari media player bawaan ini adalah tidak membutuhkan koneksi internet dan tanpa install ulang software. Jadi, pengguna tinggal memakainya.

 

Cara untuk menggunakan media player ini cukup mudah.

– Putar video yang akan dipotong dengan media player.

– Pilih ikon ‘pensil’ di sebelah kanan bawah tampilan menu utama dan klik opsi ‘Trim’.

– Setelah itu, atur durasi pemotongan video sesuai keinginan.

– Terakhir, pilih opsi ‘save as’ untuk menyimpan video yang telah dipotong ke dalam disk laptop.

 

  1. Cara Memotong Video Menggunakan Software

Cara Memotong Video Menggunakan Software
Sumber gambar: eztekno

Cara terakhir untuk memotong video di laptop adalah menggunakan software pihak ketiga. Saat ini terdapat berbagai macam software video yang bisa dipasang di laptop. Hanya saja, sebelum memasang harus diperhatikan minimum spesifikasi laptop untuk menjalankannya. Hal ini dikarenakan beberapa software edit video memiliki minimum spek laptop agar proses editing bisa berjalan dengan lancar.

 

Cara untuk menggunakan software ini hampir sama dengan kedua cara sebelumnya. Buka software edit video yang telah dipasang di laptop. Import video yang akan dipotong, dan tunggu prosesnya sampai selesai. Setelah video diimport, atur durasi pemotongannya. Terakhir, eksport video yang sudah dipotong agar tersimpan di dalam disk laptop.

 

Itulah beragam cara memotong video di laptop yang bisa dilakukan sendiri secara mudah. Ketiga cara tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan di laptop. Pengguna bisa memilih salah satu atau bahkan ketiga cara di atas untuk memotong video di laptop. Dengan begitu, untuk ke depannya tidak bingung lagi memotong video karena tahu langkah-langkahnya.