Apa itu Hilal? Begini Penjelasannya
Sumber gambar: baladena

Apa itu Hilal? Begini Penjelasannya

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, jika berbicara mengenai puasa ramadhan tentu saja ini merupakan sebuah bulan yang paling dinantikan para umat muslim di dunia, terutama di Indonesia yang punya budaya unik di dalamnya.

Karena jika bulan Ramadhan tiba, Indonesia merupakan yang paling seru merayakannya, dengan mengadakan tablig akbar setiap harinya, mengadakan buka bersama sampai mengadakan takjil gratis, namun sayangnya karena adanya covid19 dari tahun kemarin bulan Ramadhan di dunia terutama di Indonesia sangatlah berbeda.

Untuk tidak lebih jauh membahas bulan Ramadhan ditengah wabah covid 19, yuk kita bahas terlebih dahulu apa itu Hilal?

Seperti yang telah rutin dilakukan, pemerintah menjadwalkan pemantauan bersama berbagai tokoh organisasi Islam Tanah Air. Pantauan hilal bahkan dilakukan di berbagai penjuru Tanah Air. Namun, apakah yang disebut hilal?

Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat Matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Hilal 1 Ramadan 1438 H menjadi penanda masuknya bulan suci Ramadan dalam kalender Islam.

Pantauan hilal biasanya dilakukan setelah matahari terbenam. Sebab, hilal sangat redup dibanding cahaya matahari sehingga penampakannya terlihat saat matahari terbenam.