Awas! Jangan Download Aplikasi Sembarangan jika Tak Mau Seperti Ini

Seiring berkembangnya teknologi, berbanding lurus dengan terus bermunculan nya aplikasi terbaru yang terus dirilis, banyak aplikasi terbaru yang mempunyai fungsi terbaik untuk membantu aktivitas manusia sehari hari, tak jarang para pengguna yang langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa berpikir panjang apa dampak yang ditimbulkan.

Karena baru baru ini, terdapat banyak aplikasi yang akan berdampak buruk bagi perangkat yang memasangnya loh, karena kabarnya di dalam aplikasi tersebut tersimpan malware yang dapat merusak sistem ponsel bahkan sampai mengambil data yang ada di dalamnya, maka dari itu jangan sembarangan mendownload aplikasi ya.

Periset keamanan menyebutnya ‘WireX’, sebuah ancaman online terbaru yang ditargetkan pada ponsel Android, dan disembunyikan di balik sekira 300 aplikasi berbeda yang semuanya dapat diunduh melalui Google Play Store.

Menurut Krebs on Security, setelah diunduh, perangkat lunak yang menyamar sebagai program yang sah seperti nada dering dan pemutar video, langsung mengikat telefon pengguna ke botnet besar yang dimanfaatkan untuk menyerang situs web dengan serangan denial of service (DDoS) berskala luas.

Beberapa peneliti memperkirakan jumlah sistem Android yang terinfeksi sekira 70.000 perangkat di 100 negara, meskipun para periset mengatakan bahwa sebenarnya bisa jauh lebih tinggi. Parahnya lagi, bahwa perangkat tersebut berpotensi digunakan untuk memberi kuasa pada perusahaan kriminal karena pemiliknya memutuskan untuk men-download sesuatu melalui layanan distribusi Google.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View tersebut, setelah menemukan aplikasi yang disusupi, mereka bergerak cepat untuk menghapusnya dari Play Store.

“Kami mengidentifikasi sekitar 300 aplikasi yang terkait dengan masalah ini, memblokirnya dari Play Store, dan kami sedang dalam proses menghapusnya dari semua perangkat yang terpengaruh. Temuan peneliti, dikombinasikan dengan analisis kami sendiri, yang telah memungkinkan kami melindungi pengguna Android dengan lebih baik, di mana saja,” kata juru bicara Google.

Meski terdengar sebagai kabar baik, namun karena malware WireX tidak lagi memiliki rumah distribusi di Google Play, tidak berarti kita semua bebas terinfeksi. Hal ini mungkin bisa terjadi lagi. “Apa yang paling sering kita temukan di tempat ini adalah ketika sebuah jenis peristiwa atau serangan baru terjadi, ia menyediakan sebuah buku pedoman bagi aktor buruk lainnya. Kami berharap bisa melihat lebih banyak botnet ini muncul di masa depan jika penjahat dunia maya terus sukses,” ujar Gary Davis, Penjaga Keamanan Pengguna di McAfee.

Khususnya, Davis tidak melihat tingkat bahaya yang sama dengan App Store milik Apple, yang artinya pengguna Android khususnya yang berisiko. Mengapa? Menurut Davis, Google Play Store dalam beberapa hal menjadi korban kesuksesannya sendiri.

“Sementara Apple telah sangat sukses dalam menjual iPhone, Android memiliki lebih banyak ponsel di pasar yang membuatnya menjadi sasaran yang lebih besar untuk penjahat dunia maya. Selain itu, Android didistribusikan ke banyak operator dan produsen, yang membuatnya lebih menantang untuk memberikan pembaruan di seluruh basis penggunanya. Hal ini dapat menyebabkan banyak konsumen menggunakan sistem operasi Android yang lebih tua yang dapat membuat mereka rentan terhadap serangan,” tambah Davis.

Meskipun pengguna Android berisiko lebih besar untuk terjangkit malware daripada pemilik iPhone, kedua platform tersebut dapat mengambil langkah untuk melindungi diri mereka sendiri. Davis menekankan bahwa membaca ulasan aplikasi adalah cara mudah untuk melihat apakah ada sesuatu yang tampak mencurigakan, dan bila ragu tidak perlu men-download.

Meski demikian, pembesut perangkat lunak jahat terus menemukan cara baru dan kreatif untuk menyebarkan kejahatan mereka, ini adalah kabar buruk bagi pengguna smartphone, terutama pengguna yang bergantung pada Google Play Store. “Pertumbuhan di ponsel telah menjadikannya sasaran yang menguntungkan bagi orang jahat, dan kami berharap dapat melihat lebih banyak serangan dan jenis serangan lainnya di masa depan karena penjahat dunia maya tak pernah berhenti,” tutup David.

Jadi untuk Anda pengguna smartphone berbasis Android, perlu berhati-hati dalam men-download aplikasi berbayar maupun gratis di Play Store, sebab serangan malware berbasis aplikasi masih jauh dari penanganan yang benar. Demikian seperti dikutip dari Mashable