Cara Backup WA dari Android ke iPhone yang Tanpa Ribet

Anda salah satu pengguna yang berencana beralih dari smartphone android ke iPhone? Hal yang tidak mengherankan, karena memang iPhone punya banyak fitur menarik yang membuat banyak orang menginginkannya. Jika benar demikian, wajib banget tahu bagaimana cara backup WA dari android ke iPhone.

Pasalnya, saat sudah berganti hp beberapa data harus Anda pindahkan ke iPhone baru tersebut. Misalnya saja data di WhatsApp, meliputi daftar kontak, histori chat dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara backup WA dari android ke iPhone tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Backup WA dari Android ke iPhone

Sebenarnya hampir sama cara memindahkan chat WhatsApp dari android ke iPhone dengan pemindahan antar perangkat android. Hanya saja, mungkin menurut beberapa pengguna karena keduanya berbeda OS, jadi pemindahan datanya pun terbilang sulit. Untuk urusan memindahkan data WA dari android ke iPhone sendiri sangat mudah, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk backup WhatsApp dari Android ke iPhone. Adapun cara backup WA dari Android ke iPhone selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Backup and Restore

Menggunakan Fitur Backup and Restore
Sumber gambar : ifabrik

Cara yang pertama untuk memindahkan data WhatsApp dari HP android ke iPhone yakni menggunakan fitur bawaan dari WhatsApp. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk pemindahan data WhatsApp ini.

Langkah 1 – Mencadangkan Riwayat Chat WhatsApp

Mencadangkan Riwayat Chat WhatsApp
Sumber gambar: kompas
  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi WhatsApp di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon tiga titik di pojok kanan atas tampilan lalu pilih opsi Setelan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke opsi Chat.
  • Pada halaman Chat, Anda klik opsi Cadangan Chat.
  • Sekarang Anda tinggal mengatur akun Google yang ingin digunakan sebagai tempat penyimpanan data cadangan. Klik pada opsi Akun Google, kemudian pilih akun yang ingin digunakan.
  • Sementara pada bagian Cadangkan ke Google Drive, Anda pilih opsi Hanya Ketika Saya Mengetuk “Cadangkan”. Atur juga jaringannya dengan klik Cadangkan Melalui dan pilih Wifi dan Seluler. Jika mau, Anda juga bisa menyertakan video dengan mengaktifkan opsi Sertakan Video.
  • Jika semuanya sudah selesai, sekarang klik tombol Cadangkan.

Langkah 2 – Restore Data Cadangan

Restore Data Cadangan
Sumber gambar: ikeni
  • Beralih ke iPhone, pastikan Anda sudah memindahkan kartu SIM yang digunakan untuk WhatsApp di android ke iPhone.
  • Sekarang Anda install aplikasi WhatsApp seperti biasa lewat App Store.
  • Jika sudah, jalankan aplikasi WhatsApp tersebut dan masukkan nomor WhatsApp yang ingin dipindahkan. Verifikasi nomor WhatsApp dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor tersebut.
  • Nantinya di layar akan tampil notifikasi pop up yang menyarankan Anda untuk melakukan restore data WA. Konfirmasi dengan klik tombol Restore Chat History dan tunggu sampai prosesnya selesai.

2. Menggunakan PC atau Aplikasi Pihak Ketiga

Cara yang kedua ini mengharuskan Anda menggunakan perangkat PC untuk pemindahan data WA dari Android ke iPhone. Selain itu, perlu juga aplikasi tambahan yang diinstall di PC yakni bernama Dr. Fone.

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi Dr. Fone – WhatsApp Transfer di PC atau laptop. Download aplikasinya melalui LINK INI. https://drfone.wondershare.com/whatsapp-transfer-backup-and-restore.html
  • Sebelum lanjut, Anda install dulu WhatsApp di iPhone baru dan masuk menggunakan nomor WA lama di android.
  • Sekarang jalankan aplikasi Dr. Fone di PC, kemudian masuk ke WhatsApp Transfer dan pilih Transfer WhatsApp Messages.
  • Hubungkan iPhone dan HP android ke PC menggunakan kabel USB. Pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur USB Debugging di perangkat android dan menggunakan kabel USB original di masing-masing perangkat.
  • Jika semua sudah terdeteksi, Anda klik tombol Transfer dan klik Continue.
  • Tinggal menunggu proses pemindahan file dari Android ke iPhone hingga selesai.

Itulah tadi dua cara backup WA dari Android ke iPhone yang mudah dan efektif bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar