5 Hewan Terkecil di Dunia, Apa Saja?

5 Hewan Terkecil di Dunia, Apa Saja?

Bila berbicara mengenai hewan yang mempunyai ukuran kecil mungkin kamu akan menjawab semut. Ya. Memang semut merupakan hewan yang mempunyai ukuran tubuh kecil bahkan karena ukurannya tersebut bisa saja manusia tidak sengaja menginjak dan mengakibatkan semut tersebut mati.

Namun, jika membahas hewan yang paling kecil di dunia, semut ternyata tidak masuk hitungan loh sobat teknohits karena ada yang lebih kecil lagi, untuk itu yuk kita bahas dibawah ini.

 

5 Hewan Terkecil di Dunia versi Onekindplanet.

 

Paedocypris

Paedocypris

Paedocypris merupakan ikan paling kecil dengan panjang 7,9mm. Hewan ini juga disebut makhluk vertebrata terkecil. Ditemukan di hutan rawa gambut di Pulau Sumatera di Indonesia dan dapat bertahan dalam kekeringan ekstrem.

 

Slender Blind Snakes

Slender Blind Snakes

Slender Blind Snakes atau Leptotyphlopidae merupakan ular paling kecil di dunia. Hewan tersebut memiliki panjang 11 centimeter dan ditemukan di Utara dan Selatan Amerika, Afrika dan Asia. Ada 87 spesies yang berbeda dari ular ini.

 

Kitti’s Hog-Nosed Bat

Kitti's Hog-Nosed Bat

Kitti’s Hog-Nosed Bat atau Craseonycteris thonglongyai atau Bumblebee Bat dari Thailand dan Burma merupakan kelelawar terkecil dengan ukuran panjang 30-44mm serta berat 1,5 hingga 2 gram. Ukuran hewan ini kira-kira sama dengan lebah serta memiliki moncong mirip babi.

 

Bee Hummingbird

Bee Hummingbird

Bee Hummingbird (Mellisuga helenae) merupakan burung terkecil dan vertebrata berdarah panas terkecil. Ukuran burung ini yakni 5,7 centimeter untuk panjang dan berat 1,8 gram. Sementara itu, ukuran sarangnya setinggi 2 centimeter dan lebar 3 centimeter.

 

Speckled Padloper Tortoise

Speckled Padloper Tortoise

Jenis kura-kura, Speckled Padloper Tortoise (Homopus signatus) dari Afrika Selatan memiliki ukuran panjang tubuh 6-8 centimeter. Ukuran tersebut untuk kura-kura jantan, sementara betina memiliki panjang hampir 10 centimeter.