Cara Gunakan Google Maps Secara Offline

Jika berbicara mengenai aplikasi google maps, tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kalian yang berprofesi sebagai driver online atau kurir ekspedisi, karena aplikasi google maps ini sangat membantu pekerjaan dengan cara mengarahkan jalan atau tempat yang ingin dikunjungi. Namun, sayangnya aplikasi google maps ini hanya bisa digunakan jika Smartphone kita terkoneksi dengan internet saja, karena jika tidak terkoneksi maka aplikasi tidak akan terbuka dan tidak bisa dijalankan.

Namun tidak usah khawatir, ternyata google maps ini bisa digunakan dengan akses offline loh, jadi buat kalian yang sedang mencari alamat tapi tiba tiba dijalan kuota internetnya habis jangan panik, ikutin cara mudah dibawah ini ya. Jika ingin menggunakan akses offline google maps, Hal yang harus Anda perhatikan adalah harus terhubung dahulu pada internet untuk dapat mengunduh data yang diperlukan agar dapat digunakan sebelum bepergian ke suatu tempat yang susah mendapatkan sinyal.

Selanjutnya buka Google Maps (saat online) dan cari lokasi yang Anda inginkan atau lokasi Anda saat ini untuk menyimpan area di sekitar, atau mencari area yang akan Anda kunjungi. Setelah Anda menemukan lokasi / area yang ingin Anda simpan untuk penggunaan offline. Cara termudah untuk mengunduhnya adalah pergi ke menu pilihan dengan mengetuk ikon tiga baris dan pilih peta Offline.

Pilih peta Anda sendiri di bagian atas layar dan Anda akan diminta dengan pesan yang mengatakan “unduh area ini?” tarik peta ke dalam kotak kotak biru sampai mencakup area yang ingin Anda petakan. Anda akan melihat bahwa ukuran file akan diperbarui secara otomatis di bagian bawah layar dan semakin besar area yang ingin Anda simpan, semakin besar ukuran file. Sebagai informasi, peta yang telah terunduh memiliki waktu kadaluwarsa.

Setelah Anda mengunduh peta, Anda akan dapat menggunakan area tersebut dengan cara yang sama seperti jika Anda terhubung ke 4G Wi-Fi. Namun, ada beberapa batasan pada fungsi peta, sebagian besar terkait dengan ukuran lokasi yang Anda cari. Anda tidak dapat mengunduh peta yang mencakup lokasi yang luas. Maps yang telah terunduh memiliki ukuran terbatas sekira 1,5 GB ruang penyimpanan. Kendati demikian, jika Anda mengunakan Maps secara offline, Anda juga akan kehilangan petunjuk arah berjalan, informasi lalu lintas langsung, dan perubahan rute untuk hal-hal seperti menghindari tol jika Anda menggunakan Google Maps offline.

Tinggalkan komentar