Tips & Trik Mengamankan Data Apabila Smartphone Anda Rusak
Sumber gambar: liputan 6

Tips & Trik Mengamankan Data Apabila Smartphone Anda Rusak

Smartphone merupakan alat elektronik yang sangat banyak digunakan masyarakat pada jaman ini, tidak cuma ingin mengikuti tren, mempunyai Smartphone pribadi bisa membuat pekerjaan anda terbantu dengan adanya fitur fitur keren di dalamnya.

Namun, dengan kecanggihan yang ada di dalamnya, Smartphone tak luput dari kekurangan, karena banyak sekali pengguna yang mengeluhkan kualitas Smartphone yang dianggap kurang baik. Tak ayal. Banyak kasus yang menyebut kerusakan Smartphone salah satunya adalah layar yang tidak bisa disentuh maupun perangkat yang panas membuat beberapa fitur tidak bisa digunakan.

Nah, jika mengalami hal tersebut terkadang para pengguna akan panik karena dalam Smartphone tersebut terdapat banyak data penting, dan jika Smartphone rusak maka bagaimana nasib semua data yang ada di dalam perangkat. Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada cara langkah yang bisa Anda lakukan untuk mentrasfer data jika smartphone yang Anda miliki mengalami kerusakan.

 

Untuk membahas itu, yuk kita simak dibawah ini

memulihkan file Android menggunakan PC
Sumber gambar: elevenia blog

Pertama, memulihkan file Android menggunakan PC. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu mengaktifkan USB debugging di konfigurasi perangkat Android untuk memastikan smartphone akan dikenali oleh PC. Pemulihan gambar dan audio cukup sederhana dengan mengakses folder yang dituju menggunakan mouse.

Mode USB debugging tidak aktif atau PC tidak mengenali perangkat jika layar tidak bisa berfungsi dan hal tersebut merupakan yang seringkali ditemui oleh pengguna yang ingin memindahkan data. Namun bagi Anda yang memiliki smartphone Samsung, terdapat pilihan “Find My Mobile” yang dapat digunakan untuk membuka kunci perangkat dengan fungsi buka kunci layar.

Dengan mengakses fungsi tersebut, PC akan mengenali perangkat Anda dan kemudian dapat menggunakan program Kies untuk mentransfer data. Jika Anda memiliki smartphone lain, Anda bisa menggunakan Fastboot untuk memulai pemulihan kustom dan menggunakan perintah shell untuk mengekstrak file.

Kedua, Anda bisa menggunakan web ‘Pengelola Perangkat Android’ dan masuk dengan akun Google. Jika Anda mengaktifkan GPS, hal itu dapat dideteksi oleh alat web. Dengan layar yang rusak, Anda dapat mengakses perangkat Anda setelah menghubungkan smartphone ke PC yang dapat mentransfer dan mencadangkan data ponsel.

Jika layar ponsel Anda sama sekali tidak dapat berfungsi atau tidak aktif, Anda perlu mengunduh program VNC. Namun harus diperhatikan dan pastikan Anda memilih yang aman dan gratis. Program ini memindahkan antarmuka Android Anda ke PC sehingga dapat dikontrol.

Ketiga, memulihkan file dengan AirDroid. AirDroid merupakan perangkat lunak yang menghubungkan smartphone ke PC. Yang perlu Anda lakukan hanya menginstalnya di PC dan di perangkat Android. Melalui akun Anda, Anda harus dapat terhubung ke kedua perangkat. Pada smartphone, Anda akan melihat beberapa ikon yang memberi akses ke fitur seperti transfer file atau pembongkaran aplikasi.

Pastikan Anda menggunakan detail login yang sama dan pergi ke ponsel Anda dan tekan tombol simpan. Anda juga dapat melalui aplikasi dengan klik nama perangkat Anda di menu sebelah kiri dan klik menu Cadangan dalam tiga tab di bagian atas. Data Anda kemudian akan disimpan ke komputer.