Cara Melihat Rumah di Google Maps Android yang Gampang Banget
Sumber gambar: android anyar

Cara Melihat Rumah di Google Maps Android yang Gampang Banget

Untuk bisa melihat rumah, jalan, dan kondisi sekitar, maka bisa menggunakan layanan Google Street View karena layanan tersebut telah mempunyai rekaman foto-foto sejumlah tempat. Sebenarnya layanan ini bisa diakses menggunakan PC desktop atau smartphone Android, sehingga tentunya lebih praktis. Agar tidak bingung, mari disimak cara melihat rumah di Google Maps android berikut.

Penasaran Cara Melihat Rumah di Google Maps Android?

Untuk lebih detailnya, jika ingin melihat foto-foto di lokasi yang diinginkan pada Google Maps menggunakan perangkat Android, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Operasikan Google Maps di Android

Setiap perangkat Android biasanya sudah memiliki aplikasi bawaan Google Maps. Bukalah aplikasi Google Map jika ingin melihat lokasi-lokasi tertentu secara virtual.

2. Klik Tab Explore

Tab Explore
Sumber gambar: matchins

Selanjutnya sentuh tab Explore yang ikonnya berbentuk pin lokasi dengan warna abu-abu. Tombol ini berada di bawah layar berjajar dengan tab lainnya seperti Driving dan Transit.

3. Mencari Tempat yang Diinginkan di Peta

Setelah klik tab explore, selanjutnya yaitu carilah tempat yang akan dilihat di Google Maps. Untuk melakukannya, maka sentuhlah layar dan seret petanya, atau dengan cara menjepit ke bagian luar maupun dalam dengan dua jari untuk memperkecil maupun memperbesar tampilan.

Sebagai alternatifnya, maka dapat memanfaatkan koordinat maupun kolom pencarian. Kolom pencarian ada di bagian atas yang bertuliskan ‘search here’ atau ‘cari di sini’. Dengan melakukan pencarian menggunakan kolom pencarian maupun koordinat, maka akan lebih mudah menemukan lokasi yang akan dilihat.

4. Sentuh dan Tahan Lokasi di Google Maps

Sentuh dan Tahan Lokasi di Google Maps
Sumber gambar: ngonoo

Pin merah akan diletakkan di area yang telah dipilih. Kemudian, pratinjau Street View lokasi tersebut akan ditampilkan di bagian pojok kiri bawah Google Maps. Pratinjau inilah yang kemudian bisa digunakan untuk melihat lokasi sekitar secara virtual seperti halnya jalan, rumah, dan area lainnya.

VIRAL :  5 Aplikasi Pembersih RAM, Bikin Performa Ponsel Tidak Lemot

5. Sentuh Pratinjau Street View

Gambar pratinjau kemudian akan ditampilkan di bagian pojok kiri bawah ketika pin lokasi di tempatkan. Klik Street View, maka gambar pun akan beralih pada tampilan Street View layar penuh. Area yang ingin dilihat pun mulai muncul dengan jelas.

6. Sentuh dan Syarat Layar Untuk Melihat Lokasi Sekitar

Untuk melihat jalan, rumah, pemandangan sekitar, maka bisa dengan menyentuh dan menyeret layar perangkat sesuai dengan keinginan. Perlu diketahui bahwa Street View ini bisa menampilkan tampilan 360° pada lokasi yang dipilih.

7. Geser ke Atas dan Bawah Pada Garis Berwarna Biru

Apabila ingin menelusuri jalanan, atau melihat rumah-rumah, maka bisa geser garis jalan yang berwarna biru ke atas dan ke bawah. Jika garisnya berada di tanah maka dapat menyusuri jalanan dengan cara menggeser garis tersebut.

Akses Street View Menggunakan PC Desktop/Laptop

Akses Street View Menggunakan PC Desktop/Laptop
Sumber gambar: kompas

Secara umum caranya sangatlah mudah. Bukalah Maps melalui browser yang sering digunakan untuk berselancar internet. Kemudian ketik nama kota maupun lokasi yang akan dikunjungi melalui Maps virtual. Bagian sudut kanan bawah ada menu Street View dengan tanda figur manusia warna kuning. Gambar boneka kuning itu dan lepas pada area yang akan dijelajahi.

Selain itu cara lain yang dapat digunakan yaitu klik jalan yang akan dicari, kemudian nama jalan akan ditampilkan di bagian pojok kiri atas. Pada halaman Google Maps juga akan ditampilkan menu Street View di bagian samping kanannya. Jika ingin melihat area jalan sekitar dan rumah-rumah, maka klik foto yang terdapat tulisan Street View.

Demikianlah cara melihat rumah di Google Maps Android yang dapat dilakukan. Bagi yang ingin melihat jalanan atau pemandangan di lokasi yang diinginkan, saat ini bisa melihatnya secara virtual melalui Google Map, yaitu aplikasi bawaan dari smartphone Android.

VIRAL :  5 Aplikasi Jadwal Imsak Terbaik

DAFTAR ISI