Cara Mudah Cek Nomor IMEI di Smartphone
Sumber gambar: detikinet

4 Cara Mudah Cek Nomor IMEI di Smartphone

Tahukah kamu apa itu IMEI? Imei kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) pada tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen smartphone. semua ponsel pastinya mempunyai imei yang mengidentifikasi sebuah ponsel, bahkan Indonesia sendiri menggunakan imei untuk memberantas ponsel ilegal alias black market.

Mungkin bagi sebagian orang tidak tahu jika smartphone yang ia miliki merupakan barang resmi atau ilegal, maka dari itu perlu dilakukan pengecekan nomor imei di ponsel, jika ternyata nomor imei ponsel kamu tidak terdaftar maka besar kemungkinan ponsel kamu adalah barang black market.

 

Untuk itu inilah, 4 Cara Mudah Cek Nomor IMEI Ponsel Anda

 

1. Bodi Belakang Ponsel

Ketika Anda membeli ponsel baru coba perhatikan bodi bagian belakangnya. Biasanya ada cetakan stiker nomor IMEI. Namun tidak semua vendor menyertakan nomor IMEI pada bagian bagian belakang ponselnya.

 

2. Kotak Ponsel

Nomor IMEI juga bisa Anda lihat di kotak ponsel. Biasanya nomer IMEI ditempatkan bersama serial number ponsel tersebut.

 

3. Menu Pengaturan

Nomor IMEI bisa Anda lihat melalui menu pengaturan. Untuk perangkat iPhone langkahnya yakni buka menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android terdapat di menu Setting > About Phone > Status.

 

4. Tekan *#06#

Apabila pada bagian belakang ponsel Anda tidak ada stiker nomor IMEI, kotak ponsel pun tidak tahu berada di mana, Anda bisa menekan tombol *#06# di menu panggilan telepon dan nomor IMEI akan otomatis muncul pada layar.