Inilah Perbedaan Asteroid, Meteor dan Komet

jika berbicara mengenai meteor, tentu mayoritas orang akan mengatakan bahwa meteor merupakan sebuah benda langit yang jatuh ke bumi, karena pada tahun 2021 yang lalu ada sebuah warga bernama joshua Hutagalung yang kabarnya menemukan sebuah batu meteor. kabar tersebut langsung viral diluar negeri sampai kolektor meteor asal Amerika tertarik dan membeli meteor tersebut dengan harga yang fantastis, yaitu 1,4 juta poundsterling atau setara Rp 26 miliar.

namun, meskipun mayoritas masyarakat hanya mengetahui meteor tapi diluar angkasa ternyata bukan hanya terdapat meteor tapi ada asteroid dan Komet yang kabarnya sering berjatuhan ke bumi. Perbedaan Asteroid, Meteor dan Komet ini juga sangat berbeda jika dijelaskan.

 

Untuk itu inilah perbedaan yang dimiliki Asteroid, Meteor dan Komet

 

meteor adalah sebuah batu yang berada di luar angkasa dan memasuki atmosfer Bumi dengan mengalami proses penguapan. Benda langit ini biasa dijuluki bintang jatuh.

Sementara itu komet adalah sepotonh benda luar angkasa yang mengandung es, batu, serta serpihan debu. Ukuran diameter komet yaitu beberapa mil. Benda ini dapat mengorbit matahari, puing-puing komet merupakan sumber dari terbentuknya banyak meteorit dalam jumlah besar

yang terakhir asteroid memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan meteorit yang mengorbit matahari. Asteroid terbentuk dari batu atau logam. Benda langit yang lebih besar dari ukuran 10 meter kerap dinamakan asteroid. biasanya asteroid terdiri dari sebutir pasir atau batu besar yang dinamakan meteorit.

Selain ketiga benda tersebut, di luar angkasa masih ada beberapa benda lainnya seperti meteorit. Benda ini berhasil menghantam planet tanpa melaui proses pembakaran di atmosfer.