7 Cara Mudah Menjaga Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

jika kamu mempunyai sebuah smartphone tentunya akan merasa jengkel jika baterai smartphone kamu sudah terlihat kembung atau cepat panas. karena jika sudah terjadi masalah tersebut maka daya yang dihasilkan pun akan berkurang alias baterai smartphone akan cepat habis. Namun, kamu tidak usah khawatir karena teknohits ingin memberikan info mengenai cara mudah menjaga baterai smartphone agar awet.

 

Untuk itu, langsung saja inilah 7 Cara Mudah Menjaga Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

1. Hindari Overcharging

Untuk menjaga umur baterai smartphone kamu, salah kuncinya ada pada pengisian daya. Jangan mengisi daya ketika ponsel benar-benar kosong. Disarankan untuk mengisi daya saat baterai mencapai 10 persen. Kemudian cabut pengisian data ketika sudah 100 persen. Hindari pengisian daya secara berlebihan (overcharging).

 

2. Jangan Biarkan Smartphone Terlalu Panas

Jangan biarkan smartphone kamu terlalu panas atau lebih panas dari suhu 95 derajat Fahrenheit. Istirahatkan smartphone bila terasa sangat panas di tangan.

 

3. Jangan Dimainkan saat Mengisi Daya

Ketika kamu tengah melakukan pengisian daya pada smartphone, hindari untuk memainkannya. Apalagi bermain aplikasi berat seperti game. Hal tersebut dapat membuat baterai Anda cepat habis dan rusak.

 

4. Matikan Notifikasi

Munculnyan notifikasi atau push notifications membuat smartphone pengguna mengonsumsi baterai. Bila pengguna ingin agar baterai tetap tahan lama, pengguna bisa mematikan fitur push notifications serta fitur layanan lokasi saat benar-benar tidak sedang diperlukan.

 

5. Turunkan Kecerahan Layar

Tingginya tingkat kecerahan layar dapat membuat baterai smartphone cepat boros. Untuk itu, pengguna bisa menuju pengaturan (settings), lalu pilih Display, Brightness, turunkan hingga batas paling optimal kecerahan layar menurut pengguna.

 

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Aplikasi yang bekerja secara background bisa membuat sistem dalam smartphone terus bekerja, yang berujung pada berkurangnya daya smartphone. Pengguna juga dapat mengatur agar menerima email setiap 15 menit sekali atau bahkan waktu yang lebih lama.

 

7. Matikan GPS

Fitur GPS diperlukan saat pengguna mengakses layanan peta. Namun, bila sedang tidak menggunakan GPS, pengguna bisa mematikan fitur tersebut. Untuk lebih memaksimalkan daya tahan baterai, pengguna juga dapat mematikan Live Wallpaper.