Misteri Planet Saturnus Yang Jadi Fakta Mengejutkan

Saturnus merupakan planet ke-6 dari tata surya dan sangat terkenal karena memiliki cincin terang yang terbuat dari es dan batuan. Sekarang, Saturnus juga terkenal sebagai pemilik bulan terbanyak di antara planet-planet di Tata Surya!

Hasil penemuan terbaru itu menambah keluarga Saturnus menjadi 82 buah bulan, melampaui Jupiter yang hanya memiliki 79 bulan. Bulan merupakan satelit alam yang mengorbit planet. Sebagian besar planet di Tata Surya memiliki setidaknya satu buah bulan, seperti Bumi, dan sebagian lagi punya selusin bulan.

Namun ada satu misteri planet Saturnus yang jadi fakta mengejutkan. karena Saturnus merupakan planet yang bukan satu satunya memiliki cincin. Cincin yang dapat dilihat oleh mata manusia terbuat dari kelompok cincin kecil yang mengelilingi Saturnus. Mereka terbuat dari es dan batu. Lebar cincin Saturnus sekitar 400.000 kilometer (240.000 mil).

Seperti Jupiter, Saturnus adalah raksasa gas yang berisikan hidrogen dan helium. Selain itu, Saturnus memiliki atmosfer yang kental. Saturnus memiliki rotasi waktu yang berbeda dengan Bumi. Satu hari di Saturnus berlalu hanya dalam 10,7 jam. Itu berarti, satu tahun di Saturnus sama dengan 29 tahun di Bumi. Untuk mengetahui tentang Saturnus, empat pesawat ruang angkasa robot pernah mengunjungi Saturnus, di antaranya Pioneer 11, Cassini, dan Voyager 1 dan 2. Dari gambar yang diambil oleh Cassini, cincin Saturnus memiliki warna abu-abu dan coklat.