Yang Harus Kamu Tahu Mengenai Thermal Scanner
Sumber gambar: radar bali

Yang Harus Kamu Tahu Mengenai Thermal Scanner

Di musim pandemi saat ini kamu seperti sudah familiar dengan alat pengecek suhu tubuh yang selalu ada saat kamu datang ke tempat tempat tertentu. namun mungkin saja kamu hanya tahu alat pengecek suhu yang kecil saja, karena saat ini sudah ada loh alat pengecek suhu yang lebih canggih yaitu thermal scanner.

Thermal scanner adalsh sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi panas atau suhu tubuh. Teknologi tersebut mengumpulkan radiasi inframerah dari objek dan memuat gambar digital berdasarkan informasi tentang suhu. Thermal Scanner sendiri sudah terdapat pada beberapa tempat yang sering dikunjungi orang seperti bandara sangat stasiun yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh manusia. Apabila ada seseorang yang demam, maka akan diketahui oleh petugas bandara.

Perangkat ini pula bisa merekam suhu dengan warna-warna yang lain bisa dijadikan sebagai indikator. Suhu yang lebih dingin diberi warna biru, ungu, atau hijau. Sedangkan suhu yang lebih hangat dapat diberi warna merah, oranye, atau kuning. thermal scanner hadir dalam berbagai jenis. Ada yang berupa perangkat yang besar langsung terhubung ke komputer dan perangkat yang bisa digenggam. Perangkat yang digenggam tersebut menampilkan layar monitor kecil yang bisa dilihat secara real time.

Semua kamera thermal scanner memiliki sensor inframerah untuk memilih panjang gelombang inframerah. Ada juga thermal scanner yang memiliki lensa cahaya visual yang menciptakan gambar yang ditumpangkan ke atas gambar inframerah, sehingga memberikan lebih banyak konteks dan detail ke gambar inframerah.