Smartphone Kamu Sering Hang? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Tidak dipungkiri smartphone merupakan benda yang selalu dibawa kemanapun itu oleh mayoritas masyarakat, didalam smartphone terdapat komponen hardware dan software untuk membantu akselerasi ponsel agar tetap baik.

Mungkin kamu pernah menemukan software atau sebuah aplikasi yang menyimpan memori sangat besar dalam smartphone, jika iya maka ponsel akan berkerja lebih keras dari biasanya.

Jika kamu terlalu banyak memasang aplikasi pada smartphone kamu, bisa dipastikan akselerasi ponsel akan terganggu bahkan dapat menyebabkan smartphone mengalami masalah atau biasa disebut hang.

 

Berikut ini teknohits ingin memberikan cara agar ponsel kamu tidak hang

 

Hapus Aplikasi

Biasanya aplikasi yang tidak sering dipakai atau aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan tetap terpasang di smartphone. Hal ini bisa memakan memori internal kamu, terlebih jika aplikasi tersebut meminta update dan semakin memberatkan handset kamu. Sebaiknya kamu hanya memasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

 

Stop Aplikasi Tak Terpakai

Banyak aplikasi yang tengah berjalan membuat ponsel bekerja lebih keras. Salah satu penyebab hang ialah karena pengguna menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang benar-benar tidak terpakai.

 

Hindari Live Wallpaper

Menggunakan live wallpaper membuat smartphone Android bisa menjadi lambat, bahkan lag atau hang. Untuk terhindar dari lag, sebaiknya pengguna tidak memasang live wallpaper.

 

Perhatikan RAM Ponsel

Mengetahui berapa RAM ponsel pengguna menjadi penting. Dengan demikian, pengguna bisa mengukur dan menghindari membuka aplikasi terlalu banyak. Semakin besar kapasitas RAM, maka smartphone semakin mumpuni untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus

 

Factory Reset

Bila smartphone kamu sering hang atau tidak dapat bekerja dengan optimal, mungkin saatnya melakukan factory Reset. Ini merupakan jalan terakhir bila segala cara sudah ditempuh, namun belum juga membuahkan hasil signifikan. Umumnya, setelah factory reset, pengguna bisa merasakan ponsel terasa lebih enteng.