Cara Menghapus Channel dan Video Youtube Permanen di Hp

Diawal tahun 2018, YouTube membuat perubahan besar. Yaitu kebijakan tentang trafik yang semakin meningkat untuk monetisasi. Sebuah channel harus memenuhi 1.000 Subscriber dan 4.000 jam tayang baru kemudian bisa dimonetisasi. Kebijakan itu membuat beberapa content creator ingin memulai dari awal. Sayangnya, mereka belum tahu bagaimana cara menghapus channel dan video di YouTube.

Hal ini biasa dialami oleh para pemula yang baru belajar terjun ke dunia YouTube. Tidak perlu bingung, karena cara menghapus akun YouTube sebenarnya mudah. Daripada bingung, silahkan mempelajarinya lewat pembahasan artikel ini dari awal hingga akhir.

Cara Menghapus Channel dan Video di Youtube Terbaru

Cara Menghapus Channel dan Video di Youtube Terbaru
Sumber gambar: musdeorange

Kamu mungkin sudah menulis komentar di Youtube yang kurang menyenangkan di beberapa video pada tahun-tahun sebelumnya yang ingin kamu hilangkan sebelum kamu memulai pekerjaan berikutnya. Atau mungkin kamu tidak mengerti bagaimana cara mengedit video, sehingga saluran Youtube kamu kosong.

Untuk alasan apa pun,intinya kamu siap untuk beristirahat. Beberapa langkah sederhana ini akan membantu kamu untuk menghapus akun YouTube sekali dan untuk semua.

Cara untuk menghapus akun Youtube baik yang sudah memiliki channel ataupun belum terkait dengan channel Youtube apapun dapat dilakukan melalui beberapa langkah mudah seperti berikut ini.

  • Masuk ke Akun Youtube Kamu

Pilih masuk di sudut kanan atas. Masuk ke akun yang ingin kamu hapus menggunakan e-mail dan kata sandi kamu.

  • Buka Pengaturan Akun Lanjutan Youtube/Setting

Setelah kamu masuk, akses panel pengguna di sudut kanan atas yang sama tempat kamu masuk. Ke bagian bawah panel pengguna ini, pilih opsi untuk pengaturan/setting. Kemudian ini akan membawa kamu ke layar akun dengan berbagai opsi di sisi kiri.

Dari sini, pilih pengaturan lanjutan. Jika kamu ingin membuat saluran atau akun YouTube baru tanpa menghapus saluran kamu saat ini, itu dapat dilakukan dari layar ini juga.

  • Hapus Akun atau Saluran Youtube

Di bagian bawah pengaturan lanjutan ini adalah tombol berlabel saluran hapus atau delete channel. Penting untuk diketahui bahwa menghapus akun atau saluran kamu tidak akan menghapus akun Google yang dikaitkan dengan YouTube kamu. Memilih tombol ini akan meminta verifikasi ulang informasi login kamu.

  • Secara Permanen Menghapus Konten

Setelah memverifikasi diri kamu sekali lagi, kamu akan dibawa ke layar akhir dengan dua opsi drop-down. Opsi yang disajikan yaitu menyembunyikan saluran kamu atau menghapus konten Kamu.

Menyembunyikan fungsi saluran atau akun kamu sebagai penonaktifan. Ketika kamu menyembunyikan saluran, nama saluran, video, suka, langganan, dan pelanggan kamu akan dijadikan konten pribadi.

Pada akhirnya bisa dibalik dengan mengaktifkan kembali akun YouTube kamu kapanpun kamu mau. Opsi yang lebih tahan lama dari keduanya yaitu dengan menghapus akun kamu secara permanen.

  • Konfirmasikan Bahwa Kamu Ingin Menghapus Saluran/Akun Youtube Kamu

Cara Menghapus Channel dan Video di Youtube Terbaru
Sumber gambar: jalan tikus

Saat kamu sudah yakin untuk menghapus saluran, centang kedua kotak untuk mengonfirmasi jika kamu tahu apa yang kamu jalankan. YouTube akan memberi tahu secara benar apa yang sedang dihapus secara permanen dan apa yang tersisa.

  • Hapus Saluran atau Akun Youtube Secara Permanen

Setelah kedua kotak dicentang, klik “hapus konten saya atau delete my content”. Ini merupakan langkah terakhir dan konten kamu sekarang ditkamui untuk dihapus oleh YouTube.

Penghapusan ini mungkin tidak akan terjadi segera, jadi jangan heran apabila butuh waktu singkat untuk melihat saluran kamu benar-benar hilang. Beberapa pengguna sudah melaporkan proses hingga 30 hari di akhir YouTube.

Tinggalkan komentar