Cara Menghapus Penelusuran Google, Playstore dan YouTube
Sumber gambar: if kobou

Cara Menghapus Penelusuran Google, Playstore dan YouTube

Saat kamu melakukan penelusuran di dunia maya dengan Google Chrome, maka semua riwayat penelusuran akan tercatat dan tersimpan. Catatan riwayat penelusuran ini akan memudahkan kamu ketika ingin berkunjung kembali pada halaman website yang sebelumnya telah dikunjungi jika kamu telah lupa URL-nya.

Tetapi, ada hal penting lain yang perlu kamu ketahui yaitu privasi kamu. Siapapun orang yang menggunakan komputer kamu dapat mengetahui halaman website yang telah kamu kunjungi. Menghapus riwayat penelusuran dari Google Chrome merupakan cara untuk melindungi privasi kamu agar tidak diketahui pengguna lain.

Kamu bisa menghapus sebagian atau seluruh riwayat dari penelusuran kamu. Jika kamu telah masuk (sign in) ke Google Chrome dengan menggunakan lebih dari satu perangkat, maka perangkat atau komputer tersebut akan terpengaruh. Berikut ini adalah beberapa cara menghapus riwayat penelusuran pada  browser Google Chrome:

Buka browser Google Chrome di perangkat kamu, lalu klik tombol Customize and control Google Chrome yakni tombol dengan ikon tiga buah garis horisontal yang berada di sudut kanan atas dan kamu pilih atau klik Settings.

Di halaman Settings, tepatnya di bagian sebelah kiri, akan terdapat beberapa pilihan yaitu History, Extensions, Settings dan About. Kemudian kamu klik atau pilih tautan (link) History lalu klik tombol Clear browsing data.

Pada kotak dialog yang terbuka, kamu bisa menentukan terlebih dahulu bagian riwayat penelusuran yang akan kamu hapus dengan memberi tanda centang, Lalu tentukan rantang waktu yang diinginkan dari kotak daftar drop-down, kemudian klik tombol Clear browsing data untuk menghapusnya.

Cara Menghapus Penelusuran di Youtube

Cara Menghapus Penelusuran di Youtube
Sumber gambar: kompas

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara menghapus riwayat yang ada di Youtube. Caranya juga sangat simpel dan mudah, kamu dapat langsung ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka dan masuk ke dalam YouTube.
  • Lalu, kamu bisa klik History yang ada di bagian samping kiri.
  • Setelah itu YouTube akan menampilkan beberapa tipe riwayat di antaranya, Watch History, Search History, Comments, dan Community.
  • Untuk menghapus Watch History, kamu hanya perlu klik bagian bulat di samping watch history lalu tekan CLEAR ALL WATCH HISTORY.
  • Jika ingin menghapus riwayat pencarian di YouTube, maka klik bagian Search History lalu kamu bisa langsung klik CLEAR ALL SEARCH HISTORY. Cara ini juga berlaku untuk menghapus riwayat comments dan juga community.

Cara Menghapus Penelusuran di Play Store Android

Cara Menghapus Penelusuran di Play Store Android
Sumber gambar: riau.me

Sebelum mengikuti arahan ini, pastikan smartphone yang kamu gunakan memang menggunakan sistem operasi Android ya. Jika tidak, maka cara ini tidak bisa kamu lakukan, karena selain di Android, aplikasi Play Store tidak akan ada.

  • Buka Aplikasi Play Store

Pada langkah pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Play Store di smartphone Android kamu, kemudian masukkan akun Google.

Pada umumnya setiap smartphone telah menggunakan akun Google di dalam aplikasi Play Store. Jadi, apabila kamu tidak diminta untuk melakukan login, maka abaikan saja langkah yang pertama ini.

  • Pergi ke Settings

Jika kamu telah mengikuti arahan diatas, maka sekarang kamu saatnya pergi ke pengaturan aplikasi Play Store dengan mengetuk garis tiga di pojok, kemudian pilih Settings.

  • Pilih Clear Local Search History

Selanjutnya, agar dapat menghapus riwayat pencarian Play Store, kamu harus memilih Clear Local Search History dan selesai.

Cara Menghapus Penelusuran di Firefox

Cara Menghapus Penelusuran di Firefox
Sumber gambar: caraaimyaya
  • Buka browser Firefox di PC kamu, lalu klik tombol Firefox, kemudian kamu bisa langsung buka menu History dan pilihlah Clear Recent History.
  • Lalu, klik Time range to clear untuk memilih jangka waktu riwayat yang ingin kamu hapus.
  • Kemudian, kamu juga bisa memilih riwayat mana saja yang ingin dihapus dengan klik Details. Setelah semuanya kamu atur maka langsung klik Clear Now.