Wow! Pengguna Internet Indonesia Tembus 202 Juta Tahun Ini

Hallo sobat teknohits, tahukah kamu berapakah pengguna internet aktif di Indonesia saat ini? tentunya pengguna internet aktif di Indonesia sangatlah banyak, karena internet adalah sebuah hal yang wajib dilakukan mayoritas orang di Indonesia, bukan cuma untuk sarana hiburan, internet juga dapat berguna untuk berbagai hal bermanfaat lainnya.

Dalam laporan terbaru pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa pada tahun 2021 ini. Jumlah tersebut meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2021 lalu. Jika ditotal jumlah penduduk Indonesia saat ini yaitu 274,9 juta jiwa. Itu berarti, akselerasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Hal itu sudah dimuat dalam laporan terbaru yang dirilis oleh layanan manajemen konten HootSuite, dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan bertajuk “Digital 2021”.

laman HootSuite telah melaporkan jika pengguna internet di Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun dan diketahui mempunyai beberapa perangkat elektronik yang berbeda, termasuk telepon genggam (baik smartphone maupun non-smartphone), laptop/PC, tablet, smartwatch, dan sebagainya.

Dari berbagai jenis perangkat itu, smartphone menjadi perangkat yang paling populer dan paling banyak digunakan. Pengguna internet di negara Indonesia (usia 16 hingga 64 tahun) yang mempunyai telepon genggam adalah 98,3 persen.

Pantas, smartphone juga tampil menjadi perangkat favorit pengguna internet untuk mengakses internet. Tercatat ada 96,4 persen atau 195,3 juta orang di Nusantara yang mengakses di internet melalu ponsel genggamnya. Masih di laporan yang sama, pengguna internet negara agraris ini rata-rata menghabiskan waktunya selama 8 jam 52 menit untuk berselancar di internet.

Aktivitas berinternet yang paling digemari oleh pengguna internet di Indonesia yaitu bermedia sosial. Saat ini, ada 170 juta jiwa orang Indonesia yang adalah pengguna aktif media sosial. Rata-rata dari mereka menghabiskan waktu 3 jam 14 menit di platform jejaring sosial.

Selain media sosial, aktivitas lain yang sering dilakukan oleh pengguna internet Indonesia ialah: menonton televisi (baik streaming atau broadcast) selama 2 jam 50 menit; membaca berita dari perusahaan media (online atau cetak) selama 1 jam 38 menit; mendengarkan musik di layanan streaming selama satu jam 30 menit. Konten berbasis audio, seperti podcast dan radio, menjadi konten yang paling sedikit diakses oleh pengguna internet Indonesia. Rata-rata pengguna internet Indonesia hanya menghabiskan waktu tak lebih dari 44 menit untuk mendengarkan radio atau podcast.