4 Penyebab Smartphone Kamu Lemot saat Buka Aplikasi

Hallo sobat teknohits, pernahkah kamu mengalami saat membuka sebuah aplikasi sangat lama sekali responnya? Jika iya, sepertinya kamu harus tahu apa yang menyebabkan smartphone kamu menjadi lemot. Karena kata lemot merupakan hal yang sangat menjengkelkan bagi setiap orang.

 

Berikut Ini 4 Penyebab Smartphone Kamu Lemot saat Buka Aplikasi

 

1. Menggunakan aplikasi tak resmi

Ada ratusan bahkan ribuan aplikasi yang bisa kamu unduh di perangkat smartphone, kamu bisa di download lewat Google Store maupun Apple Store. Tapi, ternyata ada juga aplikasi yang tidak terdaftar di kedua platform tadi dan hanya bisa di download melalui eksplore. Bisa jadi, aplikasi inilah yang masuk kategori tidak resmi.

Aplikasi yang tidak resmi tersebut diklaim menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi lemot karena memakan terlalu banyak RAM. Selain itu, aplikasi tidak resmi biasanya sering muncul gangguan saat dijalankan misalnya iklan.

 

2. Selalu update aplikasi

Untuk mencegah ponsel lemot yang ketiga adalah Melakukan pembaharuan pada aplikasi yang mempunyai tujuan untuk menghilangkan dan memperbaiki kesalahan yang ada pada aplikasi versi lama. Aplikasi yang jarang di-update biasanya malah akan membuat kerja hp menjadi lebih berat. Cara untuk memeriksa pembaharuan yang ada adalah dengan cara masuk ke menu settings-Abou-system update.

 

3. Jangan pasang banyak aplikasi

Pastikan untuk memasang aplikasi yang benar-benar berguna dan dibutuhkan. Terlalu banyak memasang aplikasi apalagi aplikasi yang tidak diperlukan malah akan membuat hp kita menjadi lemot.

 

4. Tutup aplikasi yang berjalan di background

Aplikasi yang tak close dan muncul di background membuat RAM menjadi penuh dan kinerjanya semakin berat. Selain itu, hal berikut juga dapat membuat ponsel menjadi lebih cepat panas.

 

5. Terlalu banyak cache

Cache mempunyai fungsi untuk penyimpanan data yang sifatnya sementara dari aplikasi yang ada pada ponsel. Cache membantu kamu mempercepat penggunaan aplikasi yang sebelumnya pernah di gunakan. Namun, membiarkan cache menumpuk justru membuat smartphone menjadi lemot karena memory internal pada smartphone menjadi sangat penuh.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan rajin menghapus cache yang tersimpan. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu settings-Aplikasi lalu pilih aplikasi yang memiliki cache dengan ukuran besar lalu klik bagian clear cache

Tinggalkan komentar