Jong Sumatranen Bond didirikan pada … di…

Jong Sumatranen Bond didirikan pada … di…

A. 1919, Medan
B. 1917, Jakarta
C. 1918, Sumatera
D. 1916, Jawa

Jawaban: B

Yang dihasilkan dari didirikannya Jong Sumatranen Bond adalah lahirnya pemuda-pemudi bangsa yang kelak akan memimpin negeri Indonesia seperti Mohammad Hatta, dan Mohammad Yamin.

Pembahasan

Jong Sumatranen Bond adalah organisasi yang lahir setelah lahirnya Boedi Oetomo. Sesuai dari namanya, organisasi ini diikuti oleh pemuda-pemudi dengan asal daerah Sumatera. Dengan adanya organisasi ini melahirkan tokoh-tokoh politik Indonesia yang menjadi orang-orang yang nantinya akan merebut kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Jong Sumatranen Bond sendiri lahir pada 9 Desember 1917 di Jakarta.

Lahirnya organisasi ini juga termasuk dalam pergerakan nasional demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain melahirkan tokoh-tokoh revolusi, Jong Sumatranen Bond juga membantu merumuskan ikrar Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan mengikuti kongres pemuda II bersama organisasi nasional lainnya pada tanggal 27-28 oktober 1928.

Selain itu, setelah berikrar Sumpah Pemuda, Ketua dari Jong Sumatranen Bond, Mohammad Yamin pula lah yang mendesak bahwa bahasa Indonesia, yang berasal dari bahasa Melayu harus dijadikan bahasa nasional. 

Sebuah pencapaian lainnya dari didirikannya Jong Sumatranen Bond adalah lahirnya bibit pemimpin Negara Republik Indonesia seperti Mohammad Hatta yang menjadi Wakil Presiden RI periode pertama bersanding dengan Ir. Soekarno yang menjadi Presiden RI pertama.

Mohammad Hatta mengawali karir politiknya saat menjadi bagian dari Jong Sumatranen Bond. Ia bergabung ke dalam organisasi ini pada tahun 1916 sampai dengan 1921. Awal mula bergabungnya Mohammad Hatta adalah menjadi anggota Jong Sumatranen Bond cabang Padang dari tahun 1916-1918 dengan menjadi Bendahara disana dan kemudian menjadi pengurus Jong Sumatranen Bond cabang Batavia pada 1920 sampai dengan 1921 dengan menjadi pengurus surat kabar di sekitar tahun tersebut.