Cara Mengecilkan Siz Foto di Laptop, Adobe Photoshop & Paint
Sumber gambar: jalan tikus

Cara Mengecilkan Siz Foto di Laptop, Adobe Photoshop & Paint

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, jika sebelumnya mimin sudah kasih info tentang cara mengecilkan ukuran foto lewat ponsel android, kali ini admin teknohits akan kembali memberikan tips mengecilkan size foto lewat tiga cara dibawah ini.

Tiga cara yang dimaksud yaitu, Lewat Laptop yang tak membutuhkan sebuah software bantuan, lewat Software Adobe Photoshop dan melalui paint, jadi kamu tinggal milih saja mau Pakai cara seperti apa yang menurut kamu mudah untuk dipraktekin, yuk langsung Saja kita bahas dibawah ini.

Cara Mengecilkan Size File Foto di Laptop Tanpa Aplikasi

Langkah ini bakal cocok untuk kamu yang malas download software di laptop, macam Adobe Photoshop dan sebagainya. Metode kompres foto ini pun ternyata memiliki kemiripan seperti yang teknohuts ulas pada poin sebelumnya, tetapi cara ini lebih cocok kamu pakai saat kamu mempraktekkannya memakai laptop.

Untuk memperkecil ukuran foto di laptop tanpa aplikasi, kamu cukup mengandalkan aplikasi browser PC, jaringan internet, dan situs bernama IMGOnline, geng. Nih, di sini kamu bahkan diberikan opsi dan bahkan bisa menerapkan cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200kb, 100kb, atau sesukamu, lho.Yuk, simak cara memperkecil ukuran file photo ini.

Langkah 1

Buka Situs IMGOnline di Browser PC Untuk Kompress Foto 100KB
Buka aplikasi browser, seperti Google Chrome di PC atau laptop kamu dan buka situs IMGOnline (https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image-size.php)

Langkah 2

Lakukan Pengaturan Kompres Foto
Geser layar ke bawah hingga kamu menemukan bagian seperti berikut. Pertama kamu tinggal unggah foto yang hendak dikompres dengan klik Choose File. Selanjutnya pilih opsi Compress jpg-file to: (…) Kbytes untuk memperkecil sesuai ukuran, jika sudah klik OK.

VIRAL :  Kenapa Pisang Berwarna Kuning? Begini Penjelasannya

Langkah 3

Tunggu Proses dan Download Foto
Tunggu prosesnya beberapa saat dan situs IMGOnline akan memberikan ukuran file setelah dikompres seperti pada gambar berikut. Untuk mengunduhnya, kamu tinggal klik Download processed image untuk disimpan pada PC atau laptop kamu.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint
Sumber gambar: teknozone

Cara mengecilkan ukuran foto berikutnya, bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bawaan Windows, yakni Paint yang ternyata dapat kamu kecilkan ukuran foto kamu, lho. Aplikasi edit foto yang satu ini dijamin mudah digunakan, nggak ribet, apalagi berat untuk spesifikasi PC atau laptop kamu yang mungkin terbatas. Yuk simak langkah-langkahnya dalam cara mengecilkan file foto dengan Paint sebagai berikut ya!

Langkah 1

Buka Paint Untuk Nenpraktekkan Cara Mengecilkan Size Foto
Pertama buka aplikasi Paint dan pilih foto yang hendak diperkecil ukurannya dengan perintah Open. Selanjutnya pada toolbar, pilih opsi Resize.

Langkah 2

Mulai Perkecil Ukuran Foto di Paint
Selanjutnya akan muncul jendela Resize and Skew seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 3

Lakukan Pengaturan untuk Mengubah Ukuran Foto, Kemudian kamu pergi ke bagian Resize. Di sini kamu bisa mengatur Percentage atau Pixels sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk aktifkan Maintain aspect ratio agar proporsi foto tidak berubah. Jika sudah klik OK.

Langkah 4

Simpan Foto yang Sudah Dikompres
Periksa kembali foto yang sudah kamu kecilkan. Terakhir untuk menyimpan, kamu pergi ke menu File > Save As > JPEG picture dan lakukan langkah penyimpanan seperti biasa, bo.

Cara Kompres Foto di Adobe Photoshop (Cocok untuk Blogger)

Sementara kalau kamu punya sedikit keahlian dengan software Adobe Photoshop, kamu juga dapat memakai aplikasi desain profesional yang satu ini, lho. Terlebih untuk para blogger, di sini kamu bisa memanfaatkan fitur bernama Save for Web untuk memperkecil ukuran foto sehingga lebih ringan saat diunggah ke blog atau situs kamu, geng. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu ikuti selengkapnya di bawah ini ya!

VIRAL :  Fakta Sedih Cheetah, Hewan Tercepat Dunia Yang terancam Punah

Langkah 1

Buka Foto yang Mau Diedit
Buka software Photoshop yang ada di PC atau laptop kamu, di sini Jaka menggunakan Adobe Photoshop CC 2015. Selanjutnya klik dan geser foto dari Windows Explorer ke jendela Photoshop.

Langkah 2

Simpan Foto dengan Save for Web
Berikutnya pergi ke menu File > Export > Save for Web (Legacy) atau membukanya dengan tombol kombinasi Alt + Shift + Ctrl + S.

Langkah 3

Lakukan Pengaturan Preset Save for Web, untuk memperkecil ukuran foto di PC dengan Adobe Photoshop, pada jendela Save for Web pertama kali kamu bisa mengatur preset yang ada di bagian atas. Di sini Jaka memilih JPEG Medium. Lalu kamu bisa juga mengatur Image Size dengan mengubah nilai piksel atau persentase. Untuk melihat preview hasil kompres, kamu bisa lihat pada bagian bawah sebelah kiri, geng.

Langkah 4

Iimpan Hasil Foto
Jika sudah yakin dengan pengaturanmu, kamu tinggal klik tombo Save… di bagian bawah dan otomatis akan dialihkan menuju jendela baru seperti di bawah ini. Di sini kamu tinggal menentukan lokasi di mana kamu akan menyimpan foto dan juga namanya. Terakhir kamu tinggal klik tombol Save untuk menyimpan foto.