Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak, Gak Bisa Dibaca, Mudah & Gak Ribet
Sumber gambar: teknohits

3 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak, Gak Bisa Dibaca, Mudah & Gak Ribet

Kartu SD Rusak Adalah sebuah hal yang sangat menjengkelkan, karena banyak pengguna yang menyimpan berbagai data penting di dalam kartu SD atau biasa disebut memori card ini, jika kartu sd rusak atau tidak bisa dibaca tentu saja itu merupakan hal yang sangat kamu sesali.

Untuk itu kali ini teknohits ingin membagikan info menarik tentang cara memperbaiki kartu SD rusak atau tidak bisa dibaca, cara ini tentunya bisa langsung kamu praktekan karena sangat mudah dan gak ribet, untuk itu yuk kita simak informasi nya dibawah ini.

 

1. Bersihkan Kartu Memori (Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak Tanpa Memformat)

Bila kartu memori engga kebaca ataupun terdeteksi saat dimasukkan ke dalam smartphone, langkah pertama cara memperbaiki kartu SD rusak yang bisa kamu lakukan yaitu bersihkan konektor yang tersedia.

Dengan begitu kamu pun dapat memperbaiki kartu SD rusak tanpa perlu memformatnya, bro. Untuk cara selengkapnya lakukan langkah berikut: Kamu langsung saja keluarkan kartu SD dari perangkat gadget yang kamu punya, seperti smartphone, kamera maupun actioncam.

Lalu bersihkan lempengan tembaga (warna kekuningan) yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Gosok perlahan hingga dirasa bersih. Jika sudah, masukkan kembali ke dalam gadget dan pastikan SD card yang rusak sudah terbaca atau belum. Jika cara memperbaiki kartu memori yang rusak total ini berhasil, maka kamu pun sudah bisa menggunakan kembali kartu SD tersebut untuk menyimpan berbagai file, termasuk hasil download video YouTube.

 

2. Coba Kartu SD di Smartphone Lain

Cara memperbaiki kartu SD rusak yang kedua dan paling mudah dilakukan yaitu mencoba kartu SD di smartphone lain. Hal tersebut tentunya Dapat mendeteksi, apakah kerusakan memang terjadi pada memory card kamu atau justru pada slot memori smartphone kamu, bro.

Caranya kamu tinggal masukin kartu SD yang sudah kamu lepaskan dan masukkan ke smartphone Android lainnya. Lalu tinggal Cek apakah kartu SD dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Bila ternyata kartu memori tak terbaca di HP Samsung, vivo, atau lainnya, maka kamu dapat lanjut ke cara memperbaiki kartu SD rusak berikutnya di bawah ini.

 

3. Cek Error Melalui PC/Laptop

Lalu kamu juga Dapat terlebih dahulu melakukan pengecekan error melalui PC atau laptop, untuk menenjo apakah kartu SD kamu bermasalah atau tidak. Trik tersebut pula yang bisa kamu lakukan jika kartu SD tidak bisa diformat, geng. Untuk langkah langkahnya, kamu dapat ikuti sebagai berikut.

Pertama kali masukkan kartu SD ke dalam smartphone dan hubungkan ke PC/laptop dengan menggunakan kabel data. Jika sudah terhubung, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC).

Lalu kamu tinggal membuka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai. Lakukan Eject setelah proses selesai dan cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

Bila ternyata cara memperbaiki kartu SD rusak satu ini berhasil, Jaka sarankan agar kamu segera melakukan backup data untuk berjaga-jaga jika suatu saat masalah ini terjadi lagi. Sebab di banyak kasus, seringkali terjadi permasalahan di mana file rusak setelah dipindah ke SD card dan itu terjadi secara tiba-tiba, geng.