5 Cara Atasi Smartphone Lemot Kembali Ngebut, Ampuh Banget!

Smartphone lemot tentunya sebuah masalah yang menyebalkan jika terjadi pada Smartphone kamu, karena jika Smartphone kamu lemot tentu akan menghambat aktivitas kamu saat berselancar di internet melalui perangkat Smartphone, namun. Tak usah terlalu khawatir karena teknohits akan memberikan Cara untuk mengatasi smartphone lemot dan akan kembali ngebut. Yuk kita simak caranya.

 

1. Perhatikan Jumlah Memori

Kamu tentu tahu, Setiap smartphone dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa smartphone loh. Saat memori internal yang tersedia tinggal sedikit, maka Android menjadi lemot.

Maka dari ity, untuk mengatasi Android lemot sebaiknya kamu hindari menyimpan banyak data hingga memenuhi memori internal. Jika kamu sering menyimpan banyak data di smartphone, usahakan untuk membeli smartphone yang dibekali dukungan kartu memori. Atau beli smartphone yang dibekali memori internal luas.

 

2. Gunakan Aplikasi Serbaguna

Alih-alih meng-install banyak aplikasi yang malah membuat memori internal jadi penuh, mending download satu aplikasi tapi memiliki banyak fungsi. Bila Android kamu sudah di-root, salah satu aplikasi multifungsi yang teknohits sukai yaitu Apps2SD.

Sebab dalam satu aplikasi kamu bisa mendapatkan fungsi yang banyak, seperti partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, dan lainnya.

 

3. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja

Bila kamu merupakan pengguna yang percaya dengan fungsi antivirus di smartphone Android, sebaiknya perhatikan hal tersebut. Hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus terus berjalan di background. Dampaknya RAM kamu akan menjadi boros, dan performa Android jadi lemot. Bisa dibayangkan jika kamu meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di Android kamu, kan?

 

4. Auto Kill

Kamu yang sering melakukan multi tasking di Android, pasti sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi yang aktif di Recent Apps. Dampak lanjutan saat banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps adalah RAM semakin sesak, dan Android jadi lemot. Untuk menghindarinya coba kamu gunakan fitur Auto Kill. Fitur ini akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di background, sehingga Android kamu tidak akan lemot.

 

5. Gunakan Aplikasi Berbayar

Memakai aplikasi gratisan memang enak. Karena tanpa harus mengeluarkan uang, kita dapat mencoba fitur keren yang ada di aplikasi tertentu. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa meng-install aplikasi gratisan itu sama dengan siap jadi kelinci percobaan? Karena dengan memberikan aplikasi gratisan inilah pengembang akan mendapatkan banyak review untuk mengetahui bugs apa saja yang menimpa di aplikasinya.