4 Cara Mudah Membedakan Aplikasi Asli vs Aplikasi Palsu di Android

Hallo guys, apakah kamu bisa membedakan sebuah aplikasi palsu vs Aplikasi asli? Karena saat ini banyak loh aplikasi palsu yang menyerupai aplikasi asli, biasanya aplikasi palsu cuma bisa diakses lewat browser saja, dan yang asli tentu saja terdapat di google play store, tapi untuk membahas lebih lanjut, yuk kita simak informasi dibawah ini yaa.

 

1. Periksa Detail Publisher Pengembang Aplikasi dan Jumlah Pemasangan

Perbedaan Keduanya

Kamu wajib berhati-hati dengan kemungkinan adanya aplikasi palsu, maka dari itu kamu harus waspada sebelum memasang aplikasi baru. Cara mudah untuk cek keaslian aplikasi adalah dengan melihat nama pengembang atau penerbit aplikasi. Terkadang para developer nakal akan buat aplikasi jahat yang identitas dan fungsionalnya dimiripkan dengan aplikasi aslinya. Tindakan itu sudah pasti akan membuat pengguna baru yang awam akan mudah terkecoh. Ciri lain bisa kamu ketahui dengan melihat jumlah pemasangan pengguna. Pada aplikasi yang asli, tentunya jumlah instalasi pengguna akan lebih banyak jika dibandingkan dengan yang paslu.

 

2. Periksa Review di Aplikasi Store

Saat ini fitur review di Google Play Store sudah semakin gacor dan ditujukan khusus untuk kenyamanan pengguna sebelum menginstal aplikasi. Karena itu, review pada aplikasi asli setidaknya mempunyai persentase berbeda daripada aplikasi palsu. Selain itu kita juga kamu bisa menenjo hasil review dari beberapa orang yang telah lebih dulu menginstal aplikasi tersebut. Cuma dengan melihat ulasan dan review dari sebagian pengguna lain, tentunya kamu sudah bisa menilai apakah aplikasi tersebut benar-benar asli atau tidak.

 

3. Memeriksa Profil Pengembang

Cara mudah lainnya untuk mengecek aplikasi tersebut benar-benar asli dan terbukti aman yaitu dengan cara melihat profil pengembangnya. Khusus untuk pengembang atau aplikasi yang populer akan terdapat tag tambahan yang menunjukkan kepercayaan dari banyak pengguna. Adapun tag tersebut yang sering kita jumpai adalah seperti tag Editor’s Choice atau Top Developer.

 

4. Membaca Izin Aplikasi dengan Seksama

Aplikasi yang benar-benar berguna pastinya akan meminta izin atau permission yang tidak nyeleneh. Maka dari itu membaca permission terlebih dahulu sebelum memasang sebuah aplikasi adalah hal yang wajib dan penting. Contohnya, pada aplikasi yang sensitif seperti Skype yang akan memerlukan izin untuk mengakses SMS, log panggilan, file media, dan lainnya, maka sah-sah saja, karena hal itu memang sangat diperlukan untuk alasan yang jelas. Jangan sampai keteledoran soal izin pada aplikasi berdampak pada pencurian dan kehilangan data oleh aplikasi palsu di Android.

 

5. Manfaatkan Google

Cara paling mudah untuk mengetahui reputasi aplikasi atau developer adalah dengan memanfaatkan mesin pencarian Google. Tanyakan saja pada Google memakai kata kunci “is (nama aplikasi) safe to install”. Jika aplikasi yang dicari reputasinya buruk, maka akan muncul pada hasil pencarian, begitu juga sebaliknya. Nih, tak ada yang menjamin aplikasi store terpercaya seperti Google Play dan App Store itu terbebas dari aplikasi berbahaya. Akan tetapi yang perlu digarisbawahi yaitu memakai aplikasi store yang tidak resmi tentunya juga pasti akan meningkatkan risiko adanya aplikasi berbahaya. Semoga bermanfaat dan tetap waspada.

Tinggalkan komentar