4 Mesin Pencari Ini Tidak Akan Memata Matai Kamu

Hallo sobat teknohits, kali ini Mimin akan memberikan informasi untuk kamu tentang Beberapa mesin pencari yang tak kalah bagusnya dengan Google, tak usah berlama lama lagi, yuk langsung saja kita simak infonya dibawah ini.

1. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha

Wolfram Alpha (atau biasa juga ditulis WolframAlpha dan Wolfram Alpha) merupakan salah satu mesin pencari terbaik selain Google. Mesin pencari ini banyak dipakai oleh para peneliti keamanan. Wolfram Alpha kenalkan cara fundametal baru yang bisa merombak cara kita memakai website, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dan dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Bila mesin pencari lain cuma bisa tampilkan informasi yang tersedia secara bebas di web, Wolfram Alpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar serta informasi luring.

2. DuckDuckGo

DuckDuckGo
Sumber gambar: republika

DuckDuckGo merupakan sebuah mesin pencari yang memiliki kebijakan untuk melindungi privasi dan tak merekam informasi pengguna. Tak seperti kebijakan privasi milik Google Search yang dianggap oleh banyak pihak cukup kontroversial. Perusahaan yang berbasis di Paoli, Pennsylvania, Amerika Serikat ini menggunakan informasi dari berbagai sumber, seperti website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti YandexYahooBing, dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya.

DuckDuckGo dapat penghasilannya melalui iklan kontekstual. Bila pengguna mencari (misalnya) Jakarta, maka akan muncul sebuah link sponsor yang berisi informasi tentang kota tersebut. Di lain sisi, Google juga menggunakan iklan kontekstual seperti itu tapi Google melakukan langkah lanjutan yaitu mengumpulkan informasi tambahan untuk iklan yang dituju.

3. Yippy

Yippy
Sumber gambar: twitter

Yippy merupakan sebuah mesin pencari terbaik selain Google, di mana kamu dapat dengan mudah menyaring hasil dan kategori sesuai dengan keinginan kamu. Berbeda dengan web biasa yang diindeks oleh program robot spider, halaman web biasanya sulit untuk menemukan pencarian konvensional. Di situlah Yippy akan jadi sangat berguna untuk mencari informasi yang sulit ditemukan, seperti penelitian akademik. Yippy juga tidak akan pernah menyimpan catatan dari kata kunci yang kamu cari.

4. Gibiru

Gibiru
Sumber gambar; mozila

Tak semua konten dapat ditampilkan oleh Google karena beberapa informasi akan dihapus atau disensor jika dianggap tidak sesuai dengan aturan Google. Inilah keunggulan utama Gibiru dapat menarik semua konten yang disensor dan telah dihapus untuk khalayak umum. Tenang saja, Gibiru tidak melakukan tracking atau pengaksesan data pribadi milik pengguna.

Para pengguna dan pengakses internet memang mulai berganti haluan. Mereka mulai mencari situs mesin-pencarian yang bisa menjamin history dari situs yang diakses tidak akan disimpan oleh situs mesin pencari, yang nantinya bisa saja diakses oleh pihak lain. Beberapa mesin pencarian di atas, layak mendapat apresiasi karena berani menjamin keamanan dan privasi pengguna selama menggunakan mesin pencarian. Walaupun tidak seandal Google dalam melakukan pencarian informasi, namun jaminan keamanan privasi sudah cukup kan untuk membuat kamu tertarik mencobanya?