Innalillahiwainnailaihirojiun Tulisan Arab dan Artinya

Kenapa Innalillahiwainnailaihirojiun Sering Digunakan?

Halo Sobat Teknohits! Apakah kamu pernah mendengar atau membaca kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun? Kalimat tersebut sering digunakan oleh umat Islam pada saat mendengar kabar duka cita. Kata-kata tersebut berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti “Sesungguhnya kita milik Allah dan kepada-Nya kita kembali”. Kenapa kalimat tersebut sering digunakan? Bagaimana sejarahnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Innalillahiwainnailaihirojiun

Sejarah Innalillahiwainnailaihirojiun bermula dari zaman Rasulullah SAW. Ketika itu, ada seorang sahabat yang mengalami kesedihan karena kehilangan orang yang dicintainya. Rasulullah SAW memberikan penghiburan dengan mengucapkan kalimat tersebut. Kemudian, kalimat tersebut menjadi populer di kalangan umat Islam dan digunakan sebagai ucapan saat mendengar kabar duka cita.

Kapan Innalillahiwainnailaihirojiun Digunakan?

Innalillahiwainnailaihirojiun digunakan sebagai ungkapan saat mendengar kabar duka cita, seperti ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Kalimat tersebut juga digunakan sebagai bentuk syukur ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT. Selain itu, kalimat ini juga bisa dipakai sebagai penghiburan saat mengalami musibah atau kesedihan.

Bacaan Innalillahiwainnailaihirojiun dalam Shalat Jenazah

Dalam shalat jenazah, Innalillahiwainnailaihirojiun dibaca sebanyak empat kali. Bacaan tersebut terdiri dari dua kalimat, yaitu Innalillahi dan wainnailaihirojiun. Pembacaan kalimat pertama dilakukan saat berdiri setelah takbiratul ihram, sedangkan bacaan kedua dilakukan setelah membaca surat Al Fatihah dan doa untuk mayit.

Arti Innalillahiwainnailaihirojiun

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Innalillahiwainnailaihirojiun memiliki arti “Sesungguhnya kita milik Allah dan kepada-Nya kita kembali”. Kalimat ini mengajarkan bahwa manusia berasal dari Allah SWT dan pada akhirnya akan kembali kepada-Nya. Sehingga, kita harus selalu mengingat bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT dan kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Makna Filosofis Innalillahiwainnailaihirojiun

Di balik makna harfiahnya, Innalillahiwainnailaihirojiun juga memiliki makna filosofis yang dalam. Kalimat tersebut mengajarkan bahwa semua manusia sama di hadapan Allah SWT, tanpa terkecuali. Sehingga, kita harus bersikap rendah hati dan tidak sombong atas segala kelebihan yang kita miliki. Selain itu, kalimat ini juga mengajarkan bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara dan pada akhirnya kita akan kembali kepada Allah SWT.

Kalimat Serupa dengan Innalillahiwainnailaihirojiun

Selain Innalillahiwainnailaihirojiun, terdapat juga kalimat serupa yang sering digunakan oleh umat Islam, yaitu:

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un: Artinya sama dengan Innalillahiwainnailaihirojiun, hanya berbeda dalam penulisan.
  • La tahzan innallaha ma’ana: Artinya “Jangan khawatir, sesungguhnya Allah bersama kita”.
  • Alhamdulillah: Artinya “Segala puji bagi Allah”.

Kesimpulan

Nah, itu dia ulasan mengenai Innalillahiwainnailaihirojiun tulisan Arab dan artinya. Kalimat tersebut sering digunakan oleh umat Islam sebagai ungkapan saat mendengar kabar duka cita. Selain itu, kalimat tersebut juga memiliki makna filosofis yang dalam. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kamu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Innalillahiwainnailaihirojiun Tulisan Arab dan Artinya