Cara Mudah Hemat Baterai Untuk Android dan iPhone
Sumber gambar: kompas

6 Cara Mudah Hemat Baterai Untuk Android dan iPhone

Masih membahas baterai ponsel yang cepat lowbat, tentunya sangat membuat kesal para pengguna nya apalagi jika kamu mengalami hal seperti itu. Jadi dalam artikel ini mimin akan kembali memberikan tips & trik untuk menghemat baterai untuk smartphone android dan iPhone.

1. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang dipakai menjadi penyebab baterai smartphone menjadi boros. Untuk itu, ada baiknya kamu selalu perhatikan aplikasi berjalan yang ditempatkan pada background. Bila sewaktu-waktu kamu rasa baterai Android kamu cepat sekali habis, coba cek penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings > Battery > Battery Usage. Bila kamu temukan aplikasi yang boros baterai, sebaiknya kamu uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

2. Hati-hati Install Aplikasi

Selalu perhatikan dan hati-hati terhadap aplikasi yang diinstal. Selalu baca baik-baik akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi. Beberapa aplikasi akan membuat baterai smartphone cepat habis karena terus-terusan melakukan ping lokasi Android kamu. So, ada baiknya kurangi menginstal aplikasi yang membutuhkan akses lokasi kamu, bro.

3. Disable Aplikasi Bawaan

Faktanya banyak sekali vendor yang menyematkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Kecuali untuk HP Android One yang menggunakan sistem operasi murni. Untuk cara menghemat baterai HP Xiaomi maupun Android lainnya, coba disable bloatware dengan cara masuk ke menu Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable. Selain dinonaktifkan, kamu bila dapat menghapus aplikasi bawaan di Android tanpa root supaya kondisi baterai HP kamu tidak terancam, geng.

4. Power Saving Mode

Bila kebetulan smartphone kamu sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan masuk ke fitur Power Saving Mode. Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi. Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan masuk Settings > Battery > Battery Saver pada pengaturan smartphone kamu. Untuk cara menghemat baterai HP Samsung J2 Prime maupun tipe lainnya, coba masuk ke menu Ultra Power Saving Mode yang akan menyesuaikan tampilan untuk menghemat baterai.

5. Matikan Fitur Smart Stay

Di kebanyakan smartphone Samsung atau Android lainnya ada fitur Smart Stay yang akan membuat smartphone kamu tetap menyala selama kamu menatap layarnya. Tapi tahukah kamu bahwa fitur ini berimbas besar kepada baterai HP kamu? Kondisi stand-by dengan layar menyala akan menguras baterai HP sedikit demi sedikit. Kalau dibiarkan, baterai HP akan cepat boros, atau bahkan cepat rusak, loh! Jadi, buruan nonaktifkan fitur ini, bro!

6. Go Grayscale!

Masih berhubungan dengan kamu yang hobi membaca, kamu bisa menghemat daya baterai smartphone Android dengan cara masuk ke tampilan Grayscale atau Dark Mode. Fitur Dark Mode akan membuat tampilan layar Android kamu jadi tampak gelap sehingga mengurangi konsumsi baterai. Cara mengaktifkan Dark Mode di HP Android bisa dilakukan dengan mudah. Kalau belum tahu, kamu bisa simak artikel di bawah ini, ya!