Doa Sesudah Sholat Dhuha

Selamat datang, Sobat Teknohits!

Hello, Sobat Teknohits! Kita semua tentu tahu bahwa sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain mendatangkan banyak kebaikan, sholat dhuha juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, tidak banyak dari kita yang tahu bahwa setelah selesai sholat dhuha, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca. Nah, kali ini kita akan membahas tentang doa sesudah sholat dhuha yang bisa menjadi amalan harian kita.

Sebelum kita membahas tentang doa sesudah sholat dhuha, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang sholat dhuha. Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah matahari terbit sekitar 15 menit hingga sebelum masuk waktu sholat zhuhur. Sholat dhuha dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat dhuha dua rakaat, maka baginya pahala seperti sedekah untuk setiap sendi di dalam tubuhnya.”

Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca. Adapun doa sesudah sholat dhuha yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

“Allahumma innā nas’aluka ridhāka wal jannah, wa na’ūdhu bika min sakhatika wan nār.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon ridha-Mu dan surga-Mu, serta kami berlindung dari murka-Mu dan api neraka.”

Doa ini sebaiknya dibaca sebanyak tiga kali setelah selesai melaksanakan sholat dhuha. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca setelah sholat fardhu lainnya atau pada saat-saat tertentu seperti saat berada di dalam rumah, saat melihat pemandangan yang indah, atau saat menjumpai orang yang dicintai. Bacaan doa ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk berdoa dalam setiap kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.

Doa sesudah sholat dhuha memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan spiritual kita. Dengan membaca doa ini, kita memohon ridha Allah SWT dan surga-Nya. Selain itu, doa ini juga menjadi bentuk perlindungan dari murka Allah SWT dan api neraka. Dalam kehidupan sehari-hari, doa ini bisa menjadi sarana untuk memohon kelancaran rezeki, kesehatan, dan kebahagiaan. Doa ini juga bisa menjadi sarana untuk memohon ampunan Allah SWT atas segala dosa yang telah kita perbuat.

Nah, Sobat Teknohits, itulah sedikit informasi tentang doa sesudah sholat dhuha yang bisa menjadi amalan harian kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu membaca doa sesudah sholat dhuha setiap selesai melaksanakan sholat dhuha ya!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Doa Sesudah Sholat Dhuha