Cara Membuat Cendol yang Lezat dan Segar

Hello Sobat Teknohits! Siapa yang tidak kenal dengan minuman segar yang satu ini, Cendol? Minuman khas Indonesia ini sangat cocok untuk dinikmati di tengah teriknya matahari. Nah, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat cendol yang lezat dan segar. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai pembuatan cendol, pastikan kita sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cendol antara lain:

  • 200 gram tepung ketan
  • 1 sdt pasta pandan
  • 300 ml air
  • 1 sdt garam
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula merah
  • 500 ml air matang
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Cendol

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat cendol yang lezat dan segar:

1. Membuat Cendol

Pertama-tama, kita harus membuat cendol terlebih dahulu. Campurkan tepung ketan, pasta pandan, garam, dan air dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan cendol dan tekan-tekan agar cendol keluar dan memiliki bentuk yang sesuai. Rebus cendol dalam air mendidih selama kurang lebih 2-3 menit. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

2. Membuat Sirup Gula Merah

Selanjutnya, kita akan membuat sirup gula merah yang akan menjadi pelengkap cendol. Caranya, masukkan gula merah dan air ke dalam panci. Masak hingga gula merah larut dan air menjadi kental. Angkat dan dinginkan.

3. Membuat Santan

Langkah berikutnya adalah membuat santan. Campurkan santan kental dengan air matang. Aduk hingga tercampur rata.

4. Menyajikan Cendol

Untuk menyajikan cendol, siapkan gelas saji. Masukkan cendol dan es batu secukupnya ke dalam gelas. Siram dengan sirup gula merah dan santan. Cendol siap disajikan!

Penyajian Cendol yang Lezat

Untuk membuat cendol terlihat lebih menarik dan lezat, Anda bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti kelapa parut, tape ketan hitam, biji selasih, atau kacang hijau. Tambahkan juga es batu secukupnya agar cendol terasa lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan susu kental manis atau sirup buah untuk memberikan rasa yang lebih manis dan segar.

Nah, itulah cara membuat cendol yang lezat dan segar. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan nikmati cendol yang segar di tengah teriknya matahari.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Cendol yang Lezat dan Segar