Makan Khas Jawa Barat

Hello, Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Jawa Barat yang pastinya sangat nikmat dan menggugah selera. Jawa Barat memiliki banyak sekali kuliner yang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa Barat yang harus Sobat Teknohits coba.

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari daerah Purwakarta. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Kemudian, daging tersebut ditusuk dan dibakar dengan arang hingga matang. Sate Maranggi biasanya disajikan dengan nasi putih, bawang goreng, dan sambal khas Purwakarta yang sangat pedas.

2. Batagor

Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari adonan bakso yang dicampur dengan ikan tenggiri cincang dan dibungkus dengan kulit tahu. Kemudian, batagor tersebut digoreng dan disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas.

3. Mie Kocok

Mie Kocok adalah makanan khas Jawa Barat yang berasal dari daerah Bandung. Mie Kocok terbuat dari mie yang direbus dan dicampur dengan irisan daging sapi, babat, dan jeroan sapi. Kuahnya terbuat dari sumsum tulang sapi yang diolah dengan rempah-rempah khas Jawa Barat. Mie Kocok biasanya disajikan dengan bawang goreng dan perasan jeruk nipis.

4. Soto Bandung

Soto Bandung adalah makanan khas Jawa Barat yang terkenal di seluruh Indonesia. Soto ini terbuat dari daging sapi yang direbus bersama dengan tulang, kacang merah, dan rempah-rempah. Kuahnya berwarna merah kecoklatan dan sangat gurih. Soto Bandung biasanya disajikan dengan mie, tauge, bawang goreng, dan emping.

5. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian diukus. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan tahu tempe goreng. Selain itu, nasi timbel juga disajikan dengan sambal terasi dan lalapan seperti daun singkong, mentimun, dan tomat.

6. Cireng

Cireng adalah singkatan dari Aci Goreng. Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, dan garam. Adonan tersebut kemudian digoreng dan disajikan dengan saus kacang yang pedas dan gurih.

7. Es Cendol

Es Cendol adalah minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung ketan yang dihaluskan dan dicampur dengan air pandan. Kemudian, adonan tersebut diberi pewarna hijau dan dipotong-potong. Potongan-potongan tersebut kemudian dicampur dengan santan dan gula merah cair. Es Cendol sangat cocok diminum saat cuaca panas.

8. Surabi

Surabi adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Adonan tersebut kemudian dipanggang di atas loyang dan disajikan dengan kuah santan dan kinca khas Jawa Barat yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah.

9. Sate Taichan

Sate Taichan adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging ayam yang dibakar dengan arang dan disajikan dengan saus sambal terasi yang pedas. Sate Taichan sangat cocok untuk dinikmati saat malam hari.

10. Karedok

Karedok adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, dan mentimun. Sayuran tersebut kemudian dicampur dengan saus kacang yang gurih dan pedas. Karedok sangat cocok untuk dinikmati sebagai menu hidangan pembuka.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang harus Sobat Teknohits coba. Selain itu, masih banyak lagi kuliner-kuliner yang tidak kalah nikmat dan menggugah selera di Jawa Barat. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat saat berkunjung ke sana. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Makan Khas Jawa Barat