Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan Lewat Web & Aplikasi

Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan Lewat Web & Aplikasi

Hallo guys, kembali lagi dengan teknohits disini, kali ini Mimin akan membagikan sebuah informasi penting untuk kamu pengguna Kartu BPJS Kesehatan yang lupa nomornya, karena Mimin sudah merangkum beberapa cara mudah mengatasi lupa nomor BPJS melalui website dan aplikasi, untuk itu yuk langsung saja kita simak infonya berikut ini.

1. Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan Melalui Website

Untuk kamu yang mau tahu cara mengecek nomor BPJS Kesehatan melalui website resminya, kamu dapat ikuti langkah-langkah yang Jaka kasih berikut ini, sob.

Langkah 1 – Buka website BPJS Kesehatan

Pertama-tama kamu buka terlebih dahulu halaman fasilitas informasi pembayaran di website BPJS Kesehatan di URL https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Langkah 2 – Isikan informasi yang dibutuhkan

Di tahap ini, untuk kolom ‘No. Kartu’ kamu dapat masukkan nomor BPJS Kesehatan salah satu keluarga seperti Ayah, Ibu, atau Saudara. Yang penting masih dalam satu KK (kartu keluarga). Setelah itu, kamu tinggal masukkan juga tanggal lahir dari orang yang kamu masukkan nomor BPJS Kesehatannya. Isi angka validasi untuk memproses permintaan. Bila sudah terisi semua, lalu pilih tombol ‘Cek’. Bila sulses, maka nomor peserta BPJS Kesehatan akan ditampilkan di kolom bagian bawahnya, sob. Dengan begitu, kamu bisa tahu nomor BPJS Kesehatan milikmu beserta keluargamu yang terdaftar di KK. Bahkan, kamu juga bisa melihat iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

2. Car Melihat Nomor BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Selain lewat website resmi BPJS Kesehatan, kamu pula dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk melakukan cara melihat nomor BPJS Kesehatan yang hilang atau lupa lho, sob. Tapi sayang, cara ini memang cuma dapat dilakukan bagi peserta yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran dengan memakai nomor BPJS mereka. Namun jika sudah terdaftar, kamu dapat ikuti langkah-langkah yang Jaka kasih berikut ini.

BACA JUGA  Berbagai Macam Paket Internet Indihome Terbaru 2021

Langkah 1 – Download dan install aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan yaitu mendownload aplikasi Mobile JKN di HP Android atau iOS.

Langkah 2 – Login akun

kamu tinggal Login akun BPJS Kesehatan untuk dapat mengakses semua fasilitas yang terdapat pada aplikasi termasuk mengecek nomor BPJS.

Pilih tombol login. Lalu, masukkan email dan password akun BPJS Kesehatan yang sudah didaftarkan. Setelah itu, masukkan nomor captcha dan pilih login.

Langkah 3 – Pilih menu peserta

Bila sudah berhasil login, berikutnya kamu tinggal pilih menu peserta untuk menampilkan nomor BPJS Kesehatan kamu yang lupa, sob. Saat ini, kamu dapat tahu deh nomor BPJS Kesehatan milikmu. Oh ya, langkah-langkah di atas juga bisa dilakukan oleh kamu yang ingin cek BPJS Kesehatan penerima upah, ya, sob!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *