Penyebab Utama Laptop Hang, Tolong Diperhatikan!

Penyebab Utama Laptop Hang, Tolong Diperhatikan!

Umumnya kamu akan merasa jengkel saat laptop kamu hang padahal sedang asik menggunakan laptop, kamu harus tahu nih apa sih penyebab laptop hang, untuk itu dibawah ini Mimin akan merangkum beberapa penyebab laptop hang, yuk kita simak berikut ini.

1. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Penyebab paling umum terjadinya hang pada laptop yaitu aplikasi yang terlalu banyak dibuka dalam satu waktu. Sehingga kapasitas laptop itu sendiri tidak sanggup menjalankan semuanya dan terjadi hang. Untuk sebagian pengguna awam, kapasitas sebuah laptop atau PC hanya diukur melalui RAM saja. Akan tetapi, sebetulnya prosesor dan jenis memori internal pula memengaruhi terjadinya hang. Tiap aplikasi yang dibuka membutuhkan proses membaca dan menuliskan data, hal ini dikerjakan oleh prosesor, memori internal, dan RAM secara bersamaan. Bahkan VGA untuk kondisi tertentu. Prosesor yang sudah usang akan mengalami penurunan kinerja yang menyebabkan proses menjalankan aplikasi semakin lambat, begitu juga dengan RAM dan memori internal. Maka membuka aplikasi yang terlalu banyak dan melebihi kapasitas CPU kamu dapat menyebabkan error sampai hang.

2. Kapasitas RAM Tak Mencukupi

Masih berhubungan dengan penyebab pertama, kapasitas RAM yang kurang besar bisa mempengaruhi terjadinya laptop hang. Itu dikarenakan RAM laptop yaitu peranti keras yang bertanggung jawab untuk menampung aplikasi aktif. Tiap aplikasi membutuhkan ruang RAM yang berbeda-beda, umumnya diukur melalui seberapa aplikasi itu dioptimasi dan banyaknya fitur yang dapat digunakan. Aplikasi yang berjalan secara bersamaan dan melebihi kapasitas RAM laptop akan tertutup secara otomatis. Namun, terdapat kalanya laptop tidak sanggup melakukan penutupan otomatis dan terjadilah hang.

3. Laptop Overheat

Laptop overheat atau kepanasan yaitu hasil dari kinerja semua peranti keras yang bekerja tanpa adanya istirahat, serta sistem pendinginan yang tidak optimal. Tiap laptop mempunyai jenis pendinginan berbeda-beda. Bahkan ada yang menggunakan sistem water cooling untuk mendinginkan CPU. Laptop yang alami overheat kebanyakan akan menghentikan kerja CPU dan menyebabkan hang. Akan tetapi, ada juga yang mengabaikan overheat dan laptop akan terus bekerja yang dapat menyebabkan salah satu peranti kerasnya terbakar.

4. Driver Corrupt

Penyebab laptop hang berikutnya yaitu driver yang corrupt atau mengalami error. Driver umumnya dipakai sebagai penghubung antara peranti keras dengan sistem operasi. Driver yang corrupt tentu akan memutuskan komunikasi antar kedua hal terpenting pada sebuah laptop sehingga terjadi hang. Peranti keras yang enggak tersambung dengan sistem operasi tentu akan menghentikan kerjanya, dan laptop juga akan mengalami hang hingga mati secara tiba-tiba.

5. Setting BIOS

BIOS atau Basic Input Output System merupakan bagian dari CP/M, yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan peranti keras Singkatnya, BIOS adalah salah satu penghubung antara sistem operasi dengan peranti keras yang pertama kali berjalan. Tentu sebelum driver menjalankan bagiannya. Sama halnya dengan Driver corrupt, pengaturan BIOS yang keliru akan menyebabkan error pada proses kerja peranti keras dan menyebabkan laptop hang.