Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Sobat Teknohits, selamat datang di artikel kami kali ini yang akan membahas tentang gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Pulau Sumatera memiliki banyak gunung yang cukup tinggi dan menarik untuk didaki. Namun, dalam artikel ini kita akan fokus pada gunung tertinggi saja. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan juga merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang berada di luar Papua. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter di atas permukaan laut. Gunung Kerinci terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

2. Gunung Tujuh

Gunung Tujuh memiliki ketinggian sekitar 2.584 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Sumatera. Gunung ini terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Gunung Tujuh terkenal dengan keindahan danau yang berada di puncaknya.

3. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.212 meter di atas permukaan laut. Gunung Sibayak terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang memukau.

4. Gunung Leuser

Gunung Leuser terletak di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.466 meter di atas permukaan laut. Gunung Leuser termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

5. Gunung Marapi

Gunung Marapi terletak di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.891 meter di atas permukaan laut. Gunung Marapi terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan dan juga sebagai objek wisata pendakian yang populer.

6. Gunung Talang

Gunung Talang terletak di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.597 meter di atas permukaan laut. Gunung Talang juga merupakan objek wisata pendakian yang populer di Sumatera Barat.

7. Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak di Kabupaten Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.173 meter di atas permukaan laut. Gunung Dempo terkenal dengan pemandangan alamnya yang spektakuler.

8. Gunung Patah

Gunung Patah terletak di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.259 meter di atas permukaan laut. Gunung Patah terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan.

9. Gunung Bukit Barisan

Gunung Bukit Barisan merupakan rangkaian gunung yang membentang dari Aceh hingga Lampung. Gunung ini memiliki ketinggian yang bervariasi, namun puncak tertingginya adalah Gunung Kerinci. Gunung Bukit Barisan memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan juga menjadi tempat pariwisata yang populer.

10. Gunung Talamau

Gunung Talamau terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.597 meter di atas permukaan laut. Gunung Talamau terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan.

Kesimpulan

Itulah 10 gunung tertinggi di Pulau Sumatera yang wajib kamu ketahui. Setiap gunung memiliki keindahan dan daya tariknya masing-masing. Bagi sobat Teknohits yang suka dengan pendakian gunung, jangan lewatkan kesempatan untuk menaklukkan salah satu gunung di Pulau Sumatera. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera