Cara Mudah Cek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara Mudah Cek HP Samsung Asli atau Palsu

Saat membeli hp kamu biasanya akan menerka apakah hp yang kamu beli itu hp asli atau hp palsu, apalagi jika hp itu merek ponsel ternama yaitu samsung, kamu harus dengan cermat mengeceknya, untuk itu dalam artikel kali ini teknohits sudah merangkum beberapa cara mudah mengecek hp Samsung asli atau palsu dibawah ini.

1. Cek dengan Memeriksa Build Quality

Hal yang pertama kamu lakukan yaitu, pastikan dulu barang yang kamu terima sudah sesuai dengan yang kamu beli. Ada baiknya kamu melakukan sedikit riset sebelum membeli sebuah handphone untuk mengetahui material apa saja yang digunakan. Kamu dapat cek ke situs resmi Samsung untuk mengetahui hal tersebut. Perhatikan kualitas fisiknya, apakah udah sesuai dengan yang tertera di website atau terbuat dari bahan yang lain. Bukan cuma itu, saat kamu membeli HP di toko online, kamu pastikan toko tersebut memiliki reputasi dan ulasan yang baik. Jangan langsung tergiur dengan harga yang murah, geng.

2. Cek dengan Menggunakan Nomor IMEI

IMEI
Sumber gambar: charis.id

Cara cek Samsung asli yang paling lazim yaitu dengan mencocokkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) handphone kamu dengan nomor IMEI di kotak handphone kamu. Kamu dapat melihatnya melalui menu pengaturan pada handphone Samsung kamu. Pertama, buka Setting, lalu pilih Tentang Ponsel/About Phone. Selanjutnya, pilih Informasi IMEI/IMEI Information. Setelah itu, kamu akan bisa melihat nomor IMEI handphone kamu. Bulan cuma itu, kamu juga dapat mengecek nomor IMEI dengan memasukkan *#06#. Bila nomor yang ditampilkan sama dengan nomor yang tertera di kotak handphone, berarti handphonemu asli atau resmi.

3. Cek dengan Memasukkan Kode Tes Samsung

Selain memasukkan nomor IMEI, kamu pula dapat memakai kode-kode Samsung, lho, sob! Samsung yang asli harus bisa menjalankan kode-kode itu melalui dial pad. Hampir semua brand HP mempunyai kode rahasia yang bisa kamu gunakan untuk banyak hal. Mulai dari mengecek baterai, mengecek IMEI, mengecek jaringan, dan masih banyak lagi. Beberapa kode tes yang bisa kamu coba adalah:

VIRAL :  Awas! Inilah Dampak Negatif Radiasi Smartphone Pada Manusia

Knowing SW Version, PDA, CSC, and Modem: *#1234# or *#9999#

Samsung SW & HW Info: #12580369#

Samsung General Test mode: #0#

Samsung Service Mode: *#197328640#

Samsung ADC Reading: *#0228#

Samsung Bluetooth Test Mode: *#232331# or #7828#

Samsung Bluetooth Address: *#232337#

Samsung Ciphering Information: *#32489#

Samsung Battery Status/Memory: #9998246#

4. Cek dengan Menggunakan Aplikasi Android

Cara cek HP Samsung terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara menggunakan aplikasi PhDoctor. Aplikasi ini dapat memberitahu device yang kamu gunakan asli atau bajakan. Kamu cuma perlu memilih menu Refurbishment untuk melihat keaslian handphone kamu. Btw, kamu juga dapat melakukan tes-tes yang lain lo dengan aplikasi ini, seperti tes jaringan dan hardware.