Cara Mudah Membuat Video Animasi Bergerak 2D Di Smartphone

Cara Mudah Membuat Video Animasi Bergerak 2D Di Smartphone

Seiring berkembangnya teknologi, kamu sekarang bisa membuat sebuah animasi bergerak 2D keren di smartphone android kamu lho, penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja kita ulas di bawah ini yah.

Cara Membuat Video Animasi 2D

Cara membikin sebuah animasi bergerak keren yang pertama yaitu dalam format 2D alias dua dimensi, geng. kamu cuma membutuhkan aplikasi bernama FlipaClip – Cartoon Animation. Dengan aplikasi ini, kamu udah bisa tahu cara membikin animasi kartun sederhana dengan format 2D di HP Android dengan mudah. Terlebih banyak template yang udah disediakan. FlipaClip juga bisa mengandalkan teknik menggambar di atas layar HP, jadi pastikan kamu punya alat pendukung seperti stylus dan terlebih sudah akrab dengan aplikasi gambar di Android. Bila sudah, kamu tinggal simak langkah-langkah pengguna FlipaClip seperti ulasan di bawah ini, sob.

Langkah 1 – Buat Proyek Baru di FlipaClip

Kamu tinggal buka aplikasi FlipaClip di HP Android kamu. Pertama kali, kamu bakal diminta pertanyaan mengenai berapa umur kamu, sob.

Jika sudah sampai halaman utama seperti di bawah, kamu tinggal ketuk ikon “+” untuk membuat film kartun di Android dalam aplikasi FlipaClip.

Langkah 2 – Berikan Judul Animasi

Cara bikin aplikasi selanjutnya yaitu memberikan judul dengan mengisi pada bagian Project Name sesuai dengan konsep yang hendak kamu bikin.

BACA JUGA  Fitur Fitur Menarik Turbo VPN, Aplikasi VPN Terbaik Untuk Internet Positif

Langkah 3 – Pilih Latar Belakang Animasi

Selanjutnya kamu dapat memilih latar belakang alias background dari animasi yang hendak kamu buat. Ketuk bagian Choose Background dan pilih sesuai dengan preferensi kamu, sob.

Langkah 4 – Tentukan Ukuran Video Animasi

Selanjutnya Pada bagian Choose Canvas Size kamu akan diminta untuk memilih ukuran dan format video animasi yang hendak kamu buat. Terdapat pilihan untuk YouTube, Instagram, TikTok, hingga Facebook dengan pilihan resolusi dan rasio masing-masing.

Langkah 5 – Tentukan Jumlah FPS

Lalu kamu tinggal tentukan jumlah frame per detik atau FPS yang bakal menentukan seberapa halus nantinya video animasi yang kamu bikin. Secara default, bagian Choose Frame per Second akan nunjukan angka 12 fps, geng. Jika semua pengaturan sudah selesai, kamu tinggal ketuk Create Project.

Langkah 6 – Mulai Edit Video Animasi 2D

Kurang lebih beginilah tampilan halaman kerja dari aplikasi FlipaClip. Cara membuat animasi bergerak 2D ini kamu cukup menggunakan kumpulan tools di bagian atas untuk menggambar. Di sini kamu pula dapat membikin beberapa layer gambar dengan sejumlah frame yang bisa kamu tambahkan sendiri, sob.

Langkah 7 – Tambahkan Efek Suara

Bila kamu hendak membikin animasi berbicara di Android, kamu tinggal ketuk ikon speaker di bagian kiri dan tambahkan efek suara, baik yang diunduh dari internet atau kamu rekam sendiri.

Langkah 8 – Lihat Preview Video Animasi

FlipaClip lebih cocok untuk membikin animasi kartun sederhana berdurasi pendek. Untuk melihat preview video, kamu pun tinggal ketuk ikon Play yang ada di bagian tengah. Misal dalam ulasan kali ini terdapat 32 frame yang diedit dengan format 12 fps, yang artinya video yang dihasilkan bakal berdurasi 2 detik saja.

BACA JUGA  Instal dan Download Apk Nekopoi Untuk Streaming Anime Online

Langkah 9 – Bikin Video Animasi 2D Jadi Film

Terakhir kamu bisa mengubah animasi tadi ke dalam format film seperti MP4, lho. Caranya kamu tinggal ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan pilih opsi Make Movie. Selanjutnya kamu tinggal isi Movie Name dan ketuk Make Movie untuk menyimpan ke galeri kamu. Secara default, FlipaClip bisa menyertakan watermark yang mana dapat dihilangkan dengan opsi bebayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *