Mengenal Verb 3 Do dalam Bahasa Inggris

Apa itu Verb 3 Do?

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang verb 3 do dalam bahasa Inggris. Bagi kalian yang baru belajar bahasa Inggris, pasti sering mendengar istilah verb 3 do. Namun, apa sebenarnya verb 3 do itu? Verb 3 do adalah bentuk kata kerja ketiga dari do yang digunakan dalam kalimat past tense. Kata kerja ini juga dikenal dengan sebutan past participle. Ketika kita belajar tentang tenses dalam bahasa Inggris, kita akan mempelajari bahwa ada tiga tenses utama, yaitu present tense, past tense, dan future tense. Verb 3 do digunakan dalam kalimat past tense.

Bentuk Verb 3 Do

Lalu, bagaimana bentuk dari verb 3 do? Bentuk dari verb 3 do adalah did. Bentuk ini digunakan dalam kalimat past tense untuk subjek tunggal seperti I, you, he, she, it, dan subjek jamak seperti we, you, dan they. Contohnya: – I did my homework last night. (Saya mengerjakan PR saya semalam).- She did not go to the party last night. (Dia tidak pergi ke pesta semalam).- They did their best to finish the project on time. (Mereka berusaha sebaik-baiknya untuk menyelesaikan proyek tepat waktu).Verb 3 do juga dapat digunakan dalam kalimat tanya. Contohnya: – Did you watch the movie last night? (Apakah kamu menonton film semalam?)- Did she finish her work on time? (Apakah dia menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu?)- Did they enjoy the concert last night? (Apakah mereka menikmati konser semalam?)

Penggunaan Verb 3 Do

Verb 3 do digunakan dalam kalimat past tense untuk menyatakan sebuah aksi atau kejadian yang terjadi di masa lalu. Contohnya: – I did not eat breakfast this morning. (Saya tidak sarapan pagi ini).- He did not pass the exam last semester. (Dia tidak lulus ujian semester lalu).- They did not travel abroad last year. (Mereka tidak bepergian ke luar negeri tahun lalu).Penggunaan verb 3 do juga dapat diikuti oleh kata kerja infinitif tanpa to (bare infinitive). Contohnya: – I did my best to finish the project on time. (Saya berusaha sebaik-baiknya untuk menyelesaikan proyek tepat waktu).- She did not want to go to the party last night. (Dia tidak ingin pergi ke pesta semalam).- They did not hesitate to help their friend. (Mereka tidak ragu untuk membantu teman mereka).

Contoh Kalimat Verb 3 Do

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan penggunaan verb 3 do dalam bahasa Inggris: – She did her makeup before going to the party. (Dia merias wajahnya sebelum pergi ke pesta).- They did not expect to see their old friend at the reunion. (Mereka tidak mengharapkan bertemu teman lamanya di reuni).- He did not like the taste of the food. (Dia tidak suka dengan rasa makanannya).- Did you finish your work on time? (Apakah kamu menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu?)- Did they win the competition last week? (Apakah mereka menang dalam kompetisi minggu lalu?)

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tentang verb 3 do dalam bahasa Inggris. Verb 3 do digunakan dalam kalimat past tense dan bentuknya adalah did. Penggunaan verb 3 do juga dapat diikuti oleh bare infinitive. Dengan memahami konsep verb 3 do ini, diharapkan kita dapat lebih mudah dalam memahami dan menggunakan tenses dalam bahasa Inggris. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Mengenal Verb 3 Do dalam Bahasa Inggris