Lambang Negara Malaysia

Sejarah Lambang Negara Malaysia

Hello Sobat Teknohits! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang lambang negara Malaysia. Lambang negara Malaysia adalah simbol kebesaran negara dan identitas kebangsaan. Lambang negara Malaysia ini resmi diadopsi pada tanggal 16 September 1963. Saat itu, Malaysia baru saja merdeka dari penjajahan Inggris. Lambang negara Malaysia ini terdiri dari gambar burung helang, bunga raya, bulan sabit, dan 14 bintang. Semua gambar tersebut memiliki simbol dan makna yang mendalam bagi negara Malaysia. Lambang ini juga sering disebut sebagai ‘Jata Negara’ yang artinya adalah ‘Lambang Negara’ dalam bahasa Melayu.

Makna Simbol-simbol pada Lambang Negara Malaysia

Gambar burung helang pada lambang negara Malaysia melambangkan keberanian, kebebasan, dan kekuatan. Burung helang merupakan burung yang tangguh dan jantan. Bunga raya yang ada di sebelah burung helang melambangkan keindahan, kesucian, dan keabadian. Bunga raya juga merupakan bunga nasional Malaysia.Bulan sabit pada lambang negara Malaysia melambangkan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Bulan sabit juga melambangkan kemajuan dan kejayaan. Sedangkan 14 bintang pada lambang negara Malaysia melambangkan 13 negara bagian Malaysia dan kerajaan federal.

Perubahan Lambang Negara Malaysia

Sejak lambang negara Malaysia diadopsi pada tahun 1963, terdapat beberapa perubahan yang dilakukan. Pada tahun 1965, lambang negara Malaysia mengalami perubahan dengan penambahan kata ‘Malaysia’ di sebelah bawah lambang. Kemudian pada tahun 1992, lambang negara Malaysia kembali mengalami perubahan dengan penambahan pita bertuliskan ‘Unity is Strength’ di sebelah bawah lambang.

Kesimpulan

Lambang negara Malaysia merupakan simbol kebesaran negara dan identitas kebangsaan. Lambang ini terdiri dari gambar burung helang, bunga raya, bulan sabit, dan 14 bintang. Semua gambar tersebut memiliki simbol dan makna yang mendalam bagi negara Malaysia. Lambang negara Malaysia ini telah mengalami beberapa perubahan sejak diadopsi pada tahun 1963. Nah, itu tadi pembahasan mengenai lambang negara Malaysia. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Sobat Teknohits mengenai negara Malaysia. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Lambang Negara Malaysia