Bacaan Sholat dan Artinya

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang bacaan sholat dan artinya. Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Dalam sholat, terdapat bacaan-bacaan yang harus dibaca oleh setiap muslim. Bacaan tersebut memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Berikut ini adalah bacaan sholat dan artinya yang harus kita ketahui.

Bacaan Takbiratul Ihram

Bacaan takbiratul ihram adalah bacaan pertama yang harus dilakukan ketika memulai sholat. Bacaan ini memiliki arti “Allahu Akbar” yang berarti Allah Maha Besar. Dalam bacaan ini, kita mengakui bahwa Allah adalah yang Maha Besar dan kita berada di hadapan-Nya untuk memohon ampunan dan rahmat-Nya.

Bacaan Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran. Bacaan ini harus dibaca pada setiap rakaat sholat. Al-Fatihah memiliki arti yang sangat penting bagi seorang muslim. Dalam bacaan ini, kita memohon petunjuk dan rahmat dari Allah.

Bacaan Surat Pendek

Setelah membaca Al-Fatihah, kita harus membaca salah satu surat pendek dari Al-Quran. Surat pendek yang paling sering dibaca adalah Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas. Bacaan surat pendek ini memiliki arti yang mengandung makna tentang keimanan dan kepercayaan kepada Allah.

Bacaan Ruku’

Bacaan ruku’ adalah bacaan yang dilakukan ketika melakukan ruku’. Bacaan ini memiliki arti “Subhanallah Rabbiyal Adzim” yang berarti Maha Suci Allah yang Maha Agung. Dalam bacaan ini, kita mengakui keagungan Allah dan memohon ampunan dari-Nya.

Bacaan I’tidal

Bacaan i’tidal adalah bacaan yang dilakukan ketika bangkit dari ruku’. Bacaan ini memiliki arti “Sami’allahu liman hamidah, Rabbana wa lakal hamd” yang berarti Allah mendengar orang yang memuji-Nya, Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu. Dalam bacaan ini, kita mengakui keesaan Allah dan memuji-Nya.

Bacaan Sujud

Bacaan sujud adalah bacaan yang dilakukan ketika sujud. Bacaan ini memiliki arti “Subhanallah Rabbiyal A’la” yang berarti Maha Suci Allah yang Maha Tinggi. Dalam bacaan ini, kita mengakui keagungan Allah dan memohon ampunan dari-Nya.

Bacaan Dalam Duduk Antara Dua Sujud

Bacaan dalam duduk antara dua sujud adalah bacaan yang dilakukan ketika duduk antara dua sujud. Bacaan ini memiliki arti “Rabbighfirli, Rabbighfirli” yang berarti Ya Allah, ampunilah aku. Dalam bacaan ini, kita memohon ampunan dari Allah dan memohon perlindungan-Nya.

Bacaan Tasyahud Awal

Bacaan tasyahud awal adalah bacaan yang dilakukan ketika duduk akhir pada rakaat kedua. Bacaan ini memiliki arti “At-tahiyyatu lillahi was shalawatu wat-tayyibat, As-salamu ‘alaika ayyuhan-Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu, As-salamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis shalihin, Ash-hadu an la ilaha illallah wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh” yang berarti Segala penghormatan, semua doa yang baik dan semua kebaikan adalah milik Allah. Salam sejahtera atas engkau, wahai Nabi, dan rahmat Allah serta berkah-Nya. Salam sejahtera atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

Bacaan Tasyahud Akhir

Bacaan tasyahud akhir adalah bacaan yang dilakukan ketika duduk pada rakaat terakhir. Bacaan ini memiliki arti yang sama dengan tasyahud awal.

Bacaan Salam

Bacaan salam adalah bacaan yang dilakukan ketika selesai melakukan sholat. Bacaan ini memiliki arti “Assalamu’alaikum wa rahmatullah” yang berarti Salam sejahtera atas kalian semua dan rahmat Allah. Dalam bacaan ini, kita memberikan salam dan doa kepada orang yang berada di sekitar kita.

Kesimpulan

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dalam sholat, terdapat bacaan-bacaan yang harus dibaca oleh setiap muslim. Bacaan-bacaan tersebut memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Dengan memahami arti dari bacaan sholat, kita dapat memperdalam keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Bacaan Sholat dan Artinya