Surah Al Infitar: Membahas Tentang Hari Kiamat

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits! Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang salah satu surah di dalam Al-Quran yang bernama Surah Al Infitar. Surah ini termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah yang artinya surah ini diturunkan di Makkah. Surah ini terdiri dari 19 ayat yang membahas tentang kejadian pada saat terjadinya hari kiamat.

Penjelasan Surah Al Infitar

Surah Al Infitar diawali dengan pernyataan bahwa pada saat terjadinya hari kiamat, langit akan terbelah menjadi dua dan bintang-bintang akan berjatuhan. Hal ini menunjukkan kekuasaan Allah yang maha besar dan memang benar-benar akan terjadi. Kemudian, surah ini juga menyebutkan bahwa pada saat itu, bumi akan diguncangkan dan seluruh makhluk hidup akan dibangkitkan dari kematian.Selain itu, pada saat itu juga manusia akan dikumpulkan di hadapan Allah dan diminta pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang telah dilakukannya selama hidup di dunia. Surah Al Infitar menjelaskan bahwa pada saat itu juga, manusia akan diberikan buku catatan yang berisi segala perbuatan baik dan buruk yang telah ia lakukan selama hidupnya.

Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Surah Al Infitar?

Surah Al Infitar dapat mengajarkan kepada kita tentang pentingnya untuk selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan yang buruk. Kita harus selalu ingat bahwa pada akhirnya kita akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk melakukan kebaikan dan menjauhi segala perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.Selain itu, Surah Al Infitar juga mengajarkan kepada kita tentang kebesaran Allah yang maha kuasa dan bahwa kita sebagai manusia harus selalu merendahkan diri di hadapan-Nya. Kita harus selalu ingat bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah dan kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa agar mendapat keberkahan dari-Nya.

Kesimpulan

Surah Al Infitar mengajarkan kepada kita tentang kebesaran Allah yang maha kuasa, bahwa pada akhirnya kita akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia, dan bahwa kita harus selalu merendahkan diri di hadapan Allah. Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk melakukan kebaikan dan menjauhi segala perbuatan yang buruk agar kita mendapat keberkahan dari Allah.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Surah Al Infitar: Membahas Tentang Hari Kiamat