Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Salam hangat untuk Sobat Teknohits! Kali ini, mari kita membahas tentang pakaian adat Kalimantan Selatan. Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Kalimantan Selatan memiliki beragam suku dan budaya yang unik. Salah satu yang menarik perhatian adalah pakaian adat yang dipakai oleh masyarakatnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pakaian Adat Banjar

Pakaian adat Banjar merupakan pakaian khas masyarakat suku Banjar yang tinggal di Kalimantan Selatan. Pakaian ini terbuat dari bahan sutra dan memiliki aksen warna yang khas. Untuk pria, pakaian adat Banjar terdiri dari baju kurung, celana panjang, dan songkok. Sedangkan untuk wanita, pakaian adat Banjar terdiri dari baju kurung, kain sarung, dan selendang.

Pakaian Adat Dayak

Suku Dayak juga memiliki pakaian adat yang unik dan menarik. Pakaian adat Dayak terbuat dari serat daun pisang atau kulit kayu yang dihiasi dengan ukiran dan sulaman. Pakaian adat ini biasanya dipakai pada acara adat seperti pernikahan, upacara adat, dan penyambutan tamu.

Pakaian Adat Lainnya

Selain pakaian adat Banjar dan Dayak, Kalimantan Selatan juga memiliki pakaian adat lainnya seperti pakaian adat Loksado dan pakaian adat Tanjung. Pakaian adat Loksado terdiri dari baju kurung, celana panjang, dan ikat pinggang yang terbuat dari rotan. Sedangkan pakaian adat Tanjung terdiri dari baju kurung, kain sarung, dan selendang dengan aksen warna yang cerah.

Pengaruh Budaya Melayu

Pakaian adat di Kalimantan Selatan juga dipengaruhi oleh budaya Melayu. Hal ini terlihat pada pakaian adat yang memiliki aksen warna cerah dan kain yang terbuat dari bahan sutra. Pakaian adat Melayu juga memiliki aksen songket yang sering dijadikan sebagai hiasan pada pakaian adat.

Perkembangan Pakaian Adat

Perkembangan zaman membuat pakaian adat di Kalimantan Selatan juga mengalami perubahan. Pada saat ini, pakaian adat sudah dijadikan sebagai fashion item yang digunakan pada acara-acara formal seperti pernikahan dan acara resmi. Pakaian adat juga sudah dipadukan dengan fashion item modern seperti sepatu dan aksesori.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan mengenai pakaian adat Kalimantan Selatan. Setiap pakaian adat memiliki ciri khasnya masing-masing dan menggambarkan keunikan budaya suku tersebut. Perkembangan zaman membuat pakaian adat semakin berkembang dan dijadikan sebagai fashion item yang menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Pakaian Adat Kalimantan Selatan