Belajar Penjumlahan Pecahan Kelas 5 dengan Mudah

Apa itu Pecahan?

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang penjumlahan pecahan kelas 5. Sebelum itu, mari kita ulas terlebih dahulu apa itu pecahan. Pecahan adalah bilangan yang dinyatakan dalam bentuk pembilang dan penyebut. Contohnya, ½, ¾, dan ⅕. Pecahan dapat digunakan untuk mengukur bagian dari suatu bilangan bulat.

Cara Menjumlahkan Pecahan

Agar dapat menjumlahkan pecahan, maka perlu dilakukan penyetaraan terlebih dahulu. Penyetaraan dilakukan dengan melakukan perkalian pembilang dan penyebut antara kedua pecahan yang akan dijumlahkan. Setelah itu, tambahkan pembilangnya saja.

Contohnya, jika kita ingin menjumlahkan ⅗ dengan ¼, maka kita perlu menyetarakan pecahan tersebut terlebih dahulu dengan cara:

¼ x 5/5 = 5/20

⅗ x 4/4 = 12/20

Maka, ⅗ + ¼ = 12/20 + 5/20 = 17/20

Latihan Soal Penjumlahan Pecahan

Untuk memahami lebih dalam tentang penjumlahan pecahan, berikut ini adalah beberapa contoh soal latihan:

1. ⅖ + ¾ = …

2. ⅔ + ¼ = …

3. ⅞ + ⅜ = …

Coba selesaikan soal-soal di atas dan bandingkan hasil jawabanmu dengan jawaban yang ada di bawah ini:

1. 1 3/20

2. 11/12

3. 1 1/4

Kesimpulan

Dalam penjumlahan pecahan, perlu dilakukan penyetaraan terlebih dahulu sebelum dilakukan penjumlahan. Penyetaraan dilakukan dengan cara melakukan perkalian pembilang dan penyebut antara kedua pecahan yang akan dijumlahkan. Setelah itu, tambahkan pembilangnya saja. Untuk menguji pemahamanmu tentang penjumlahan pecahan, bisa dilakukan dengan latihan soal yang telah disediakan.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Belajar Penjumlahan Pecahan Kelas 5 dengan Mudah