Doa Masuk dan Keluar Masjid

Salam Pembuka

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini saya ingin berbicara tentang doa masuk dan keluar masjid. Sebagai umat Muslim, kita tentu sudah sangat familiar dengan doa-doa ini. Namun, seberapa sering kita benar-benar memahami makna dari doa tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid sebenarnya merupakan doa yang sangat sederhana, namun memiliki makna yang sangat dalam. Doa ini biasanya dibaca ketika kita sudah berada di depan pintu masjid. Doa tersebut adalah:

“A’udhu billahi minasy syaithanir rajim. Bismillahirrahmanirrahim. Allahummaftahli abwaba rahmatik.”

Makna dari doa ini adalah kita memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang selalu mengganggu kita. Kita juga memohon agar Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk kita, sehingga kita bisa mendapatkan berkah dari-Nya ketika berada di dalam masjid.

Doa Keluar Masjid

Setelah selesai beribadah di dalam masjid, kita juga perlu membaca doa keluar masjid. Doa ini sangat penting karena kita harus meninggalkan tempat ibadah dengan kesadaran bahwa kita meninggalkan rumah Allah. Doa keluar masjid yang biasa dibaca adalah:

“Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma inni as’aluka min fadlik. Allahumma anta hasbii, laa ilaha illa anta. ‘Alaika tawakkaltu wa anta rabbul ‘arsyil ‘azhim. A’udhu billahi minasy syaithanir rajim.”

Doa ini mengajarkan kita untuk selalu memohon kepada Allah agar selalu diberikan keberkahan dan rahmat-Nya. Kita juga menyatakan bahwa hanya Allah yang dapat memberikan pertolongan dan perlindungan dari segala kejahatan. Dalam doa ini, kita juga menyatakan bahwa kita selalu bertawakal kepada Allah dan mengakui bahwa Dia-lah Rabb yang Maha Besar.

Kesimpulan

Itulah doa masuk dan keluar masjid yang sebenarnya sederhana, namun memiliki makna yang sangat dalam. Kita sebagai umat Muslim harus selalu mengingat dan memahami makna dari setiap doa yang kita baca. Semoga dengan membaca artikel ini, kita bisa semakin memahami dan mengamalkan doa masuk dan keluar masjid dengan benar.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Doa Masuk dan Keluar Masjid