Bahasa Jepang Salam Kenal

Mengenal Salam Kenal dalam Bahasa Jepang

Hello Sobat Teknohits! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang bahasa Jepang dan lebih spesifiknya, salam kenal dalam bahasa Jepang. Bagi kalian yang suka dengan budaya Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Hajimemashite’. Yup, itu adalah salam kenal dalam bahasa Jepang. Tapi, tunggu dulu.. Apakah ‘Hajimemashite’ satu-satunya salam kenal dalam bahasa Jepang?

Tentu saja tidak! Selain ‘Hajimemashite’, ada beberapa salam kenal lainnya yang juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Mari kita bahas satu per satu.

1. Hajimemashite

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ‘Hajimemashite’ adalah salam kenal dalam bahasa Jepang yang paling umum digunakan. Kata ini berasal dari kata ‘hajimeru’ yang artinya ‘memulai’. Biasanya, salam ini digunakan ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal atau bertemu untuk pertama kalinya.

Contohnya, ketika kita menghadiri acara atau pertemuan yang dihadiri oleh banyak orang, kita bisa menggunakan ‘Hajimemashite’ ketika bertemu dengan orang yang baru kita kenal.

2. Yoroshiku Onegaishimasu

Kata lain yang sering digunakan dalam salam kenal di Jepang adalah ‘Yoroshiku Onegaishimasu’. Kata ini bisa diartikan sebagai ‘mohon bantuannya’ atau ‘mohon dukungannya’. Biasanya, salam ini digunakan setelah kita memperkenalkan diri atau ketika kita meminta bantuan atau dukungan dari orang yang kita kenal.

Contohnya, ketika kita memulai presentasi di depan orang banyak, kita bisa mengucapkan ‘Hajimemashite, watashi wa (nama), yoroshiku onegaishimasu’ yang artinya ‘Salam kenal, saya (nama), mohon dukungannya’.

3. Konnichiwa

‘Konnichiwa’ adalah kata yang sering digunakan untuk menyapa seseorang di siang hari atau saat bertemu dengan seseorang di tengah-tengah aktivitas. Kata ini bisa diartikan sebagai ‘selamat siang’ atau ‘halo’.

Contohnya, ketika kita bertemu dengan teman di jalan atau di tempat umum pada siang hari, kita bisa mengucapkan ‘Konnichiwa’ sebagai salam kenal.

4. Ohayou Gozaimasu

Kata lain yang sering digunakan dalam salam kenal di Jepang adalah ‘Ohayou Gozaimasu’. Kata ini bisa diartikan sebagai ‘selamat pagi’. Biasanya, salam ini digunakan pada pagi hari ketika kita bertemu dengan orang yang kita kenal.

Contohnya, ketika kita bertemu dengan teman atau rekan kerja pada pagi hari di kantor, kita bisa mengucapkan ‘Ohayou Gozaimasu’ sebagai salam kenal.

5. Konbanwa

‘Konbanwa’ adalah kata yang sering digunakan untuk menyapa seseorang di malam hari. Kata ini bisa diartikan sebagai ‘selamat malam’ atau ‘halo’ pada malam hari.

Contohnya, ketika kita bertemu dengan teman di malam hari, kita bisa mengucapkan ‘Konbanwa’ sebagai salam kenal.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa salam kenal yang sering digunakan dalam bahasa Jepang. Selain ‘Hajimemashite’, masih ada ‘Yoroshiku Onegaishimasu’, ‘Konnichiwa’, ‘Ohayou Gozaimasu’, dan ‘Konbanwa’. Semua salam kenal tersebut memiliki makna dan waktu penggunaan yang berbeda-beda.

Nah, bagaimana Sobat Teknohits? Sudah paham kan tentang salam kenal dalam bahasa Jepang? Jangan lupa untuk selalu berusaha mempelajari bahasa Jepang lebih dalam lagi ya!

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Bahasa Jepang Salam Kenal